Petronas Jadi Penyuplai Bensin Resmi Moto3 dan Moto2

Petronas
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA – Pada ajang balap, bahan bakar menjadi salah satu kunci sukses dari para tim yang berlaga. Jika mereka menggunakan bensin yang tidak berkualitas, maka kendaraan yang digunakan bisa mogok dan gagal finis.

Batas Minimal Usia Pembalap Moto3 Jadi 17 Tahun

Agar kompetisi berjalan seimbang, beberapa balapan berskala dunia mengharuskan para tim untuk menggunakan bahan bakar dari satu penyedia. Contohnya, di ajang balap Moto2 dan Moto3 semua motor diisi dengan bensin racikan Total.

Perusahaan minyak asal Prancis itu sudah menjadi penyedia resmi bahan bakar dua laga paling bergengsi itu, sejak 2016. Sebelumnya, kehormatan itu diserahkan ke perusahaan minyak asal Italia, Eni. Zaman dulu, Eni dikenal dengan nama Agip.

Terpopuler: Timnas Brunei Pakai Pemain Amatir, Pembalap Moto2 Beli Bensin Eceran di Lombok

Dilansir dari Bikesrepublic, Selasa 5 November 2019, hak untuk menyuplai bahan bakar ke Moto2 dan Moto3 mulai tahun depan diserahkan ke Petronas. Perusahaan asal Malaysia itu dikenal sebagai salah satu nama besar di kalangan balap dunia.

Petronas saat ini menjadi sponsor dari beberapa tim balap. Salah satunya adalah Petronas Yamaha di ajang MotoGP, tim yang memiliki pembalap muda dan digadang-gadang bakal menjadi rival dari Marc Marquez, yakni Fabio Quartararo.

Jelang MotoGp Mandalika, Pembalap Moto2 Marcos Ramirez Kegep Beli Bensin Eceran

Hak untuk menyediakan bahan bakar ke dua seri balap tersebut, mulai berlaku pada 2020 hingga 2022. Sebelumnya, Total menjadi sponsor bensin selama empat tahun, dan Eni menjalaninya selama lima tahun.

Kecelakaan di MotoGP Prancis.

Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Sistem deteksi kecelakaan MotoGP yang baru dikabarkan sebentar lagi siap digunakan. Setelah mengumpulkan data sepanjang 2023, pertaruran teknis di musim ini akan rampung.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2024