Agenda Padat di Akhir 2019, Jadwal IBL Musim Depan Masih Abu-abu

Final IBL, Satria Muda Pertamina vs Stapac Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus (23-03-19)

VIVA – Direktur Indonesian Basketball League (IBL), Hasan Gozali, mengungkapkan belum ada kepastian mengenai jadwal musim depan. Sebab, banyak penyesuaian dengan jadwal Tim Nasional Indonesia.

2 Pemain Positif COVID-19, Laga Pelita Jaya Vs Satya Wacana Ditunda

Dalam beberapa musim sebelumnya, IBL selalu dimulai pada akhir tahun. Namun, pada tahun 2019 ini, Timnas memiliki banyak agenda jelang tutup tahun.

Diketahui, Tim Merah Putih harus mengikuti kualifikasi Piala Asia Basket 2021 pada November mendatang. Dan biasanya, bulan itu merupakan seri pertama IBL.

Senjata Baru Amartha Hangtuah Arungi IBL 2022

Jelas, hal tersebut menjadi dilema. Terlebih, kualifikasi itu sangat penting karena bakal memengaruhi kelolosan Indonesia ke Piala Dunia Basket 2023.

Memang, Indonesia berstatus tuan rumah pada edisi 2023 bersama dengan Jepang dan Filipina. Tapi, tak bisa lolos langsung. Mereka harus lolos ke Piala Asia Basket 2021 dan berada di posisi delapan besar agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia Basket 2023.

Sejarah Baru Tercipta di IBL 2022

Belum lagi, masih ada SEA Games 2019 di Filipina. Membuat operator IBL belum bisa ketok palu soal jadwal musim 2019/2020.

"(Soal jadwal) belum bisa dipastikan. Ada beberapa yang bentrok," kata Hasan di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 30 Mei 2019.

"Jadi ada perhitungan-perhitungan yang harus dipertimbangkan dengan matang. Makanya, belum bisa rilis jadwal," tambahnya.

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan jika tak menutup kemungkinan IBL bakal digelar di awal 2020. Namun, dengan konsekuensi selesainya bakal mepet dengan Olimpiade Tokyo 2020. 

"Ini jadi dilema. Misalnya Januari 2020 liga dimulai, apakah kami selesaikan di April? Atau apakah kita diperpanjang hingga Juni dengan konsekuensi mepet ke Olimpiade? Jadi belum bisa dipastikan," tutur Hasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya