Ambisi Indonesia Ingin Juara Umum Asian Para Games 2018

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Sumber :

VIVA – Pemerintah Indonesia menargetkan gelaran Asian Para Games 2018 bisa mendulang prestasi. Sebagai tuan rumah perhelatan olahraga se-Asia yang khusus bagi atlet penyandang disabilitas ini, ditargetkan dapat menyabet medali emas sebanyak mungkin.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, berharap prestasi sebelumnya bisa dipertahankan. Karena pada ajang ASEAN Para Games 2017, kontingen Indonesia tampil gemilang.

"Bahwa ASEAN Para Games (Asia Tenggara) lalu, atlet difabel kita atau atlet Para Games bisa memberikan medali emas, juara umum bahkan. Tentu kami berharap prestasi itu tetap dipertahankan dan kemudian bertambah," kata Puan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat 9 Maret 2018.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, enggan membeberkan target untuk meraup emas di Asian Para Games. Target kontingen Merah Putih di ASEAN Para Games sebelumnya di Kuala Lumpur tetap menjadi acuan.

Mendapatkan 126 medali emas di taraf ASEAN, tantangan dan strategi tentu berbeda dengan persiapan yang lebih matang. Secara garis besar, Indonesia menargetkan ada di posisi tujuh besar perolehan medali.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

"Karena terkait dengan sport intelligence, dan pasti negara-negara tetangga terus mengintip di mana kekuatan kita, tentu kita harus menyampaikan di 10 besar (dulu)," kata Imam.

Namun demikian, Imam menyatakan, sebagai tuan rumah, Indonesia harusnya diuntungkan. Bertanding di hadapan penontonnya sendiri, atlet akan lebih semangat mendapatkan medali demi mengharumkan nama bangsa.

"Tentu ini peluang yang sangat besar karena kita bertanding di hadapan penonton sendiri, dan di rumah sendiri. Semangat ini yang akan terus kita dorong," ujar Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya