Ketua PB ISSI: Soal Prestasi Federasi Tak Boleh Berpikir Rasional

Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari
Sumber :
  • VIVA/Radhitya Andriansyah

VIVA – Cabang olahraga balap sepeda memiliki target khusus yang dipasang Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), di Asian Games 2018. Target yang ditetapkan PB ISSI, ternyata tak sama dengan apa yang pemerintah tetapkan.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Cabang olahraga balap sepeda jadi salah satu yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Kontingen Balap Sepeda Indonesia punya target cukup tinggi di multievent empat tahunan kawasan Asia tersebut. Diungkap Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, Kontingen Balap Sepeda Indonesia menargetkan meraih empat medali emas. 

Namun, target yang dipasang PB ISSI jauh berbeda dengan yang ditargetkan pemerintah, dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Meski demikian, ada alasan tersendiri mengapa PB ISSI punya target yang berbeda dari pemerintah.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Disebut Oktohari, federasi olahraga sebaiknya tak berpikir rasional seperti pemerintah. Sebab, pemerintah memiliki target logis berdasarkan pembiayaan persiapan di cabang olahraga tertentu. Tapi, hal ini tak harus diikuti oleh federasi. Sebab, andai terus mengikuti target pemerintah dan tak berusaha menjadi mandiri, maka prestasi atlet di cabang olahraga tertentu akan jalan di tempat.

Secara realistis, pria yang akrab disapa Okto ini mengungkap jika pihaknya mampu menyiasati persiapan para atlet, demi mencapai target yang dipasang. Okto mengatakan PB ISSI sudah mendapat persetujuan dari Kemenpora, KONI, dan KOI, untuk mengadakan Pelatnas Mandiri di nomor XCO mountain bike

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Tidak Terima Dana

Pelatnas Mandiri disebut Okto sama sekali tidak menerima dana dari pemerintah. Melainkan dari pihak sponsor yang bersedia mendanai sektor ini. Hal tersebut adalah contoh konkret jika federasi harus memiliki inovasi, agar terus bergerak maju. Dengan atau tanpa dukungan dari pemerintah.

"Pemerintah ini harus rasional memang, karena kaitannya sama budget. Tapi kalo kami di federasi, tidak boleh rasional. Jadi, saya sudah sepakat PB ISSI, Kemenpora, KONI, dan KOI, mengadakan pelatnas mandiri. Salah satunya adalah MTB (Mountan Bike) nomor XCO. Akan ada 66 medali yang diperebutkan, emas, perak, dan perunggu itu ada 66 medali. Jadi, kita coba raih sebanyak-banyaknya lah," ujar Okto dalam wawancara bersama VIVA

"Target kami empat emas dari setiap disiplin. Saya bicara seperti ini dengan target empat emas, ada dasarnya. Saya tidak hanya asal bicara karena saya harus confident. Kalau mengikuti target pemerintah cuma satu emas, berarti akan ada tiga disiplin yang kendor. Jadi, saya harus memberikan kepercayaan supaya bisa bertanding maksimal," katanya.

 Pertandingan di cabang olahraga balap sepeda Asian Games 2018 akan berlangsung pada 20-31 Agustus 2018. Nomor mountain bike akan berlangsung pada 21-22 Agustus 2018. Sementara nomor road cycling akan berlangsung mulai 22-24 Agustus 2018. Satu nomor lainnya yakni BMX, akan digelar pada 25 Agustus 2018. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya