UCI MTB World Championship 2023 Berlangsung Sukses, Wakil Indonesia Naik Podium

Podium UCI MTB World Championship 2023
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – UCI MTB World Championship 2023 telah sukses digelar di Sirkuit SG 1973, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu 12 November 2023, Hasilnya pebalap sepeda wakil Indonesia, Dara Latifah naik podium kedua.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

UCI MTB World Championship 2023 bejalan mulai pukul 13.00 WIB. Para pebalap melakukan kualifikasi untuk menentukan posisi start.

Pada kategori woman, persaingan ketat terjadi antara pebalap Italia, Gaia Tormena dengan Dara Latifah, yang merupakan wakil Tanah Air. Balap-balapan terjadi antara keduanya.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Dara Latifah sempat memimpin, namun dirinya harus mengakui keunggulan Gaia Tormena. Pebalap Italia itu mencatatkan waktu 01:42,91. Lebih lambat 0:05,80 dari Dara Latifah. Sedangkan posisi ketiga diraih pebalap asal Belanda, Annemoon Van Dienst dengan waktu selisih 0:07,89 dari Gaia Tormena.

Sedangkan pada kategori men, pebalap Prancis, Titouan Perrin Ganier berhasil mempertahankan gelar juara dunianya dengan catatan 01:34,19. Posisi kedua ada rekan senegaranya, Lorenzo Serres dengan 0:04,22 lebih lambat. Adapun posisi ketiga adalah wakil Norwegia, Sondre Rokke (0;30,97 lebih lambat).

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Wakil Indonesia Melebihi Target

Dara Latifah sangat bersyukur bisa naik podium kedua. Menurutnya, ini melebehi target dia yang hanya lolos ke final.

"Taktiknya saya cuma ambil kesempatan. Saya berusaha semaksimal untuk menyalip dia (Gaia). Saya punya target ke depannya bisa susul dia," kata Dara.

"Jujur saya mendapatkan juara tidak pernah puas. Saya masih banyak PR dan harus belajar," tambahnya.

Juara Dunia dari Palangka Raya

Sedangkan, Gaia Tormena sangat puas bisa mendapatkan gelar juara dunua. Ia menikmati kemenangan ini.

"Ini adalah kali pertama saya ke Palangka Raya, dan orang-orang di sini sangat  luar biasa, sejak saya mendarat di sini, orang-orang sudah menyambut saya dengan cinta, dan saya tidak sabar untuk kembali ke sini tahun depan."

Hal senada juga diungkapkan Titouan Perrin Ganier yang mempertahankan gelar juara dunia dari kelas men. Ini gelar juara dunia pertama yang lahir dari Palangka Raya. Setelah sebelumnya, UCI MTB World Champinship menggunakan banyak seri untuk menentukan gelar juara dunia, seperti tahun 2022.

"Sungguh luar biasa, balapan yang ketat di sini, terutama di babak final, banyak juga yang terjatuh, jadi sungguh sebuah capaian luar biasa bisa jadi juara dunia di sini," tambah pebalap asal Prancis tersebut.

Puji Palangka Raya dan Sirkuit SG 1973

CEO UCI, Kristof Bruyneel, angkat topi seluruh pihak yang menyukseskan ajang UCI MTB World Championship 2023. Ia pun berterima kasih kepada Gubernur Kalteng yang juga Ketua PB ISSI Kalteng, Sugianto Sabran.

Menurutnya, peran Gubernur Sugianto Sabran sangat vital dalam menyukseskan UCI MTB World Championship 2023. Apalagi, Pemprov Kalteng Putra di bawah kepemimpinan Sugianto Sabran membentuk dan mematenkan Sirkut SG 1973.

"Sungguh sebuah ajang yang luar biasa, pertunjukan yang luar biasa bagi Indonesia, khususnya Palangka Raya. Kita bisa lihat, bagaimana Palangka Raya menghadirkan juara dunia yang fantastis, sungguh trek luar biasa yang menghadirkan juara dunia terbaik di Palangka Raya ini. Seluruh dunia menyaksikan Palangka Raya saat ini, tempat lahirnya juara dunia luar biasa," kata Kristof.

"Tahun depan, saya rasa pada 21 Mei 2024, kita akan kembali ke Palangka Raya untuk menggelar UCI MTB World Cup. Kita akan melihat lagi pebalap-pebalap terbaik dari seluruh dunia di sini, dan Palangka Raya akan masuk seri awal World Cup tahun depan, ini akan jadi sesuatu yang menarik karena Piala Dunia akan hadir lagi ke sini."

"Terima kasih untuk Pak Gubernur atas semua usaha yang sudah dilakukan untuk menggelar dan melancarkan acara ini, sungguh acara yang luar biasa, berisikan atlet-atlet top dunia, sekarang musim sudah berakhir, musim yang panjang bagi pebalap. Saya senang semua berjalan lancar di sini, Palangka Raya kembali bisa menggelar ajang balap sepeda kelas dunia, di sirkuit yang sudah diresmikan oleh Gubernur."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya