Sirkuit SG 1973 Diresmikan untuk UCI MTB Championship 2023 Palangka Raya

UCI MTB Palangkaraya 2023
Sumber :
  • istimewa

VIVA – UCI MTB World Championship 2023 siap digelar di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu 12 November 2023. siang WIB.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Ajang ini menggunakan sirkuit SG 1973. Sirkuit SG 1973 diresmikan, Sabtu 11 November 2023. Sirkuit ini berada di depan Stadion Tuah Pahoe, yang merupakan kandang klub sepakbola Kalteng Putra.

SG 1973 merupakan sirkuit kebanggaan warga Kalteng atas wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Kalteng yang dipimpin Gubernur Sugianto Sabran terhadap olahraga bersepeda. SG 1973 juga dibuat atas standarisasi Federasi Sepeda Dunia, UCI (Union Cycliste Internationale) .

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Gubernur Sugianto Sabran yang merupakan Ketua ISSI Kalteng memang ingin memfasilitasi para komunitas sepeda di Kalteng untuk bisa berolahraga dengan nyaman, tentram, dan tertib.

"Saya mewakili Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Sirkuit SG 1973, yang akan menjadi venue utama MTB World Championship 2023," tegas Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, dalam keterangan pers.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati


Edy Pratowo pun optimistis UCI MTB World Championship 2023 berjalan sukses. Ia pun memprediksi persaingan UCI MTB World Championship 2023 lebih seru, karena Sirkuit SG 1973 memiliki banyak rintangan.

"Ini yang kedua kali dilaksanakan ya, sejak tahun 2022 lalu, ini yang tahun 2023 UCI MTB World Championship. Dan ini bentuk kepercayaan dunia dari UCI, memeberikan kesempatan kepada Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Tengah menjadi tuan rumah untuk kegiatan loma atau pertandingan balap sepeda gunung, " ujar Edy Pratowo.

CEO UCI, Kristof Bruyneel, angkat topi dengan Sirkuit SG 1973. "Sirkuitnya sangat bagus, salah satu sirkuit sepeda yang luar biasa di dunia, apresiasi kami untuk pihak yang membangun sirkuit ini, Agus (Tipan) yang kembali membangun sirkuit yang luar biasa untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Bisa dilihat perkembangan di sirkuit ini, pihak Indonesia mampu mengejawantahkan keinginan kami soal sirkuit ini, dan di sini, akan ada juara dunia yang hadir, berbeda dengan tahun lalu. "

"Senang sekali bisa kembali ke sini untuk menggelar Piala Dunia, gelaran tahun ini benar-benar berbeda dengan tahun lalu, gengsinya lebih besar. Ada sekitar 59 negara yang turut serta dalam ajang ini, dan ajang ini tentu akan jadi ajang yang penting bagi Palangkaraya dan Kalimantan Tengah. "

Sementara itu, Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, mengungkapkan persiapan UCI MTB World Championship 2023 sudah mencapai 100 persen. Ia menjamin ajang Piala Dunia Sepeda MTB ini akan lebih meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk tahun lalu kan kita itu seri, masuk seri kedelapan kan, jadi tidak ada juara dunia yang lahir dari sini karena menunggu seri-seri berikutnya. Tapi untuk World Championship ini, hari Minggu nanti akan lahir juara dunia langsung, jadi ini sesuatu yang sangat spesial buat kita dan menurut informasi, kita jadi negara Asia pertama yang mengadakan World Championship," tambahnya.

UCI MTB World Championship sudah diselenggarakan di Kota Palangka Raya pada tahun 2022. Tahun lalu, pebalap sepeda Prancis Quentin Schrotzenberger menjadi pemenang dalam kategori 'Men Elite'. Lalu kategori 'Women Elite' berhasil menjadi yang tercepat adalah atlet asal Jerman yakni Marion Fromberger.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya