Palangka Raya Harum di Mata Dunia Lewat UCI MTB World Championship 2023

Ajang UCI MTB World Championship 2023
Sumber :
  • Istimewa

Palangka RayaUCI MTB World Championship 2023 di Sirkuit SG 1973, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu 12 November sukses digelar. Palangka Raya pun menjadi sorotan dunia.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Pembalap asal Italia yang merupakan juara UCI MTB World Championship 2023 kategori woman, Gaia Tormena, memuji keramahan warga Palangka Raya. Perasaannya sangat luar biasa terhadap event balap sepeda bergengsi di dunia tersebut.

"Ini adalah kali pertama saya ke Palangka Raya, dan orang-orang di sini sangat luar biasa. Sejak saya mendarat di sini, orang-orang sudah menyambut saya dengan cinta, dan saya tidak sabar untuk kembali ke sini tahun depan," ujar juara dunia tersebut.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Hal senada juga diungkapkan juara dunia sekaligus pemenang UCI MTB World Championship 2023 kategori man, Titouan Perrin Ganier.

"Ini jadi kali pertama saya ke sini, luar biasa, di Eropa sekarang sedang musim dingin, penuh salju, sangat jauh berbeda dengan di sini, dan kami juga harus menempuh perjalanan yang jauh ke sini. Luar biasa sekali para penonton menyemangati kami sepanjang balapan, hari yang tak terlupakan bagi saya."

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Podium UCI MTB World Championship 2023

Photo :
  • Istimewa

CEO UCI, Kristof Bruyneel menyebut, Palangka Raya sedang sorotan dunia dengan nama harum, karena sukses menggelar UCI MTB World Championship. Ia pun berterima kasih kepada Gubernur Kalteng yang juga Ketua PB ISSI Kalteng, Sugianto Sabran.

Menurutnya, peran Gubernur Sugianto Sabran sangat vital dalam menyukseskan UCI MTB World Championship 2023. Apalagi, Pemprov Kalteng Putra di bawah kepemimpinan Sugianto Sabran membentuk dan mematenkan Sirkut SG 1973.

"Sungguh sebuah ajang yang luar biasa, pertunjukan yang luar biasa bagi Indonesia, khususnya Palangka Raya. Kita bisa lihat, bagaimana Palangka Raya menghadirkan juara dunia yang fantastis, sungguh trek luar biasa yang menghadirkan juara dunia terbaik di Palangka Raya ini. Seluruh dunia menyaksikan Palangka Raya saat ini, tempat lahirnya juara dunia luar biasa," ucap Kristof.

"Tahun depan, saya rasa pada 21 Mei 2024, kita akan kembali ke Palangka Raya untuk menggelar UCI MTB World Cup. Kita akan melihat lagi pebalap-pebalap terbaik dari seluruh dunia di sini, dan Palangka Raya akan masuk seri awal World Cup tahun depan, ini akan jadi sesuatu yang menarik karena Piala Dunia akan hadir lagi ke sini."

"Terima kasih untuk Pak Gubernur atas semua usaha yang sudah dilakukan untuk menggelar dan melancarkan acara ini, sungguh acara yang luar biasa, berisikan atlet-atlet top dunia, sekarang musim sudah berakhir, musim yang panjang bagi pebalap. Saya senang semua berjalan lancar di sini, Palangka Raya kembali bisa menggelar ajang balap sepeda kelas dunia, di sirkuit yang sudah diresmikan oleh Gubernur," kata dia.

UCI MTB World Championship 2023 bejalan mulai pukul 13.00 WIB. Para pebalap melakukan kualifikasi untuk menentukan posisi start.

Pada kategori woman, pembalap asal Italia, Gaia Tormena berhasil keluar sebagai juara, mencatatkan waktu 01:42,91. Lebih lambat 0:05,80 dari Dara Latifah. Sedangkan posisi ketiga diraih pebalap asal Belanda, Annemoon Van Dienst dengan waktu selisih 0:07,89 dari Gaia Tormena.

Sedangkan pada kategori man, pebalap Prancis, Titouan Perrin Ganier berhasil mempertahankan gelar juara dunianya dengan catatan 01:34,19. Posisi kedua ada rekan senegaranya, Lorenzo Serres dengan 0:04,22 lebih lambat. Adapun posisi ketiga adalah wakil Norwegia, Sondre Rokke (0;30,97 lebih lambat).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya