SEA Games di Filipina, Timnas RI Catat 2 Hasil Berbeda Lawan Thailand

Timnas Indonesia saat meraih medali SEA Games 1991
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Tim nasional Indonesia U-23 akan melakoni laga perdana di pentas SEA Games ke-30 di Filipina pada Selasa 26 November 2019 mulai pukul 15.00 WIB. Duel penyisihan Grup B kontra Thailand di Rizal Memorial Stadium, Manila, bakal jadi pembuka perjalanan Garuda Nusantara mengarungi misi mengulang torehan apik 28 tahun lalu.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Ya, kala itu tepatnya pada gelaran SEA Games ke-16 tahun 1991 yang juga berlangsung di Manila armada Garuda Nusantara yang perkuat nama-nama legendaris seperti Robby Darwis, Widodo Cahyono Putro, Rocky Putiray, Aji Santoso, Peri Sandria dan Bambang Nurdiansyah berhasil merebut medali emas.

Jika menengok pencapaian apik tersebut, maka tidak salah jika tahun ini memori mengenang kejayaan sepakbola Indonesia di Asia Tenggara wajib diwujudkan PSSI dengan mengulang torehan emas SEA Games yang kini juga berlangsung di Filipina.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Menatap laga perdana kontra timnas Thailand, publik pun seolah dibawa nostalgia partai puncak SEA Games 1991 saat Yusuf Ekodono cs dengan gagah melibas skuat Negeri Gajah Putih dan memastikan podium tertinggi.

Rabu, 4 Desember 1991 yag juga bertempat di Rizal Memorial Stadium, Manila, Indonesia merebut emas sepakbola SEA Games keduanya saat mengalahkan Thailand 4-3 melalui drama adu penalti. Sejarah skuat Merah Putih pun terukir manis di arena yang terletak di Ibukota Filipina itu.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Namun bicara laga timnas Indonesia kontra Thailand yang berlangsung di Filipina juga pernah terjadi pada gelaran SEA Games 1981. Melakoni laga semifinal di Manila, Minggu 13 Desember 1981, armada Merah Putih terjungkal oleh ketangguhan skuat Thailand dan takluk 0-2.

Semoga memori timnas Indonesia selama melawan Thailand di Filipina bisa jadi motivasi Egy Maulana Vikri cs untuk membukukan hasil terbaik dan akan ingat bahwa Garuda Nusantara pernah punya sejarah emas di arena Rizal Memorial Stadium, Manila.

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang bermain di semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024