Terungkap, Hal-hal Krusial Jelang El Clasico Jilid Perdana Musim Ini

Lionel Messi versus Sergio Ramos
Sumber :
  • situs LaLiga

VIVA – Pertarungan maha dahsyat di pentas LaLiga pada Kamis dini hari 19 Desember 2019 mulai pukul 02.00 WIB. Dua raksasa penguasa Negeri Matador bakal terlibat duel panas jilid perdana musim ini.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Arena Camp Nou siap jadi saksi skuat Barcelona menjamu rival abadinya, Real Madrid. Perburuan posisi puncak klasemen LaLiga jelang penghujung paruh musim ini bakal jadi bidikan kedua kubu.

Kedua tim sama-sama memiliki raihan 35 poin, unggul empat poin atas Sevilla di peringkat tiga, dan masih memiliki satu laga yang belum dimainkan, yakni El Clasico. Pemenang dari laga ini akan memuncaki klasemen ketika jeda musim dingin, dan menjadi unggulan untuk keluar sebagai juara.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Dua bulan sebelum berlangsungnya pertandingan ini, Madrid dan Barca menjalani periode yang lebih baik setelah mengalami awal musim yang tidak stabil.

Namun kedua tim menjalani ujian berat pekan lalu. Barca terlibat dalam pertandingan sengit dengan Real Sociedad akhir pekan lalu yang berakhir imbang 2-2, sedangkan Madrid juga ditahan imbang Valencia 1-1.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Kedua tim juga telah berubah selama musim 2019/20 berjalan. Real Madrid diperkuat dengan kemunculan pemain-pemain muda seperti Fede Valverde (21 tahun) dan Rodrygo (18 tahun), dan keduanya berpotensi bermain dalam pertandingan El Clasico pertama mereka.

Namun, Zidane memiliki masalah di sisi kiri pertahanan, dimana pemain serba-bisa, Nacho Fernandez, harus diturunkan melawan Valencia, akhir pekan lalu.

Barca juga sedikit mengubah tim mereka selama musim ini berjalan, dan rekrutan-rekrutan musim panas seperti Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann semakin beradaptasi dengan gaya permainan Barca, yang mengedepankan operan.

Kembalinya Ivan Rakitic juga memperkuat lini tengah mereka, dan bek kiri Jordi Alba yang telah pulih pada Sabtu lalu juga memberikan motivasi tambahan bagi Barca.

Lionel Messi akan kembali menjadi sorotan dalam pertandingan ini, yang memiliki catatan 18 gol dan sembilan asisst dalam 29 penampilannya di El Clasico.

Meskipun Messi absen pada El Clasico musim lalu, Barca tetap bisa menang 5-1 di Camp Nou berkat hattrick Luis Suarez. Walaupun begitu, Zidane belum terkalahkan di Camp Nou pada ajang LaLiga selama karirnya sebagai pelatih Real Madrid, menang 2-1 di musim 2015/16, dan imbang di dua musim berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya