Resmi, Indonesia Akui Esports Sebagai Cabang Olahraga Prestasi

Penetapan esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), secara resmi mengakui esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan ini menandakan bahwa esports dapat ikut dipertandingkan pada ajang resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Moonton Cares dan Hope Cup Kolaborasi dengan Akademi Garudaku

Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020. Dalam acara ini juga dikukuhkan secara resmi PB Esports Indonesia sebagai satu-satunya badan resmi yang menaungi esports sebagai olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Ketua Harian PB Esports Indonesia, Komjen. Pol. Bambang Sunarwibowo, mengatakan, bahwa esports layak menjadi cabang olahraga karena dalam permainannya menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya. Alasain lain adalah karena esports sudah dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasioal seperti di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KONI Pusat, Ade Lukman, menyatakan, dukungannya terhadap esports Indonesia. "KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB Esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," ujar Ade Lukman, Kamis 27 Agustus 2020.

Diketahui, beberapa tim esports asal Indonesia tercatat pernah menjuarai kompetisi tingkat dunia, antara lain adalah EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, dan Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Esports merupakan gim interaktif dan kompetitif yang dilakukan media elektronik seperti komputer, konsol, telepon genggam, dan sebagainya. Indonesia pun memiliki potensi pasar yang besar untuk gim dan esports. Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association menunjukkan bahwa ada sekitar 60 juta pemain gim mobile di Indonesia dan diperkirakan mencapai 100 juta di tahun 2020 ini.

Baca Juga:

Louvre Surabaya dan EVOS, Kolaborasi Basket dengan Esports

Keren, Liga Mobile Legend Indonesia Jadi eSports Terpopuler Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya