Ikuti Langkah AS, Jepang Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing
Sumber :
  • Ist

VIVA – Jepang menyatakan tidak akan mengirim delegasi pemerintah ke Olimpiade Musim Dingin tahun depan di Beijing. Jepang mengikuti aksi boikot diplomatik yang dipimpin Amerika Serikat terhadap Olimpiade. Keputusan ini kemungkinan akan memperdalam ketegangan dengan China.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Boikot, yang didorong oleh Washington dan termasuk beberapa sekutunya, itu menjadi masalah rumit lainnya bagi Jepang, mitra dekat Amerika Serikat yang juga memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan China.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno, dikutip dari Reuters, Jumat 24 Desember 2021, mengatakan bahwa Tokyo tidak akan mengirim delegasi pemerintah ke Olimpiade yang akan dimulai pada Februari 2022 mendatang.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Bendera Jepang.

Photo :
  • Istimewa

Kekhawatiran tentang HAM di China

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Sebagai gantinya, Jepang akan mengirim beberapa pejabat yang memiliki hubungan langsung dengan Olimpiade, termasuk ketua panitia penyelenggara Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, serta ketua panitia domestik Olimpiade dan Paralimpiade.

Boikot diplomatik oleh Amerika Serikat dan negara-negara lain berasa dari kekhawatiran tentang hak asasi manusia di China, tetapi Jepang telah mengambil sikap yang lebih lembut mengenai masalah tersebut.

Menurut laporan lembaga penyiaran publik Jepang NHK, Perdana Menteri Fumio Kishida telah menghadapi tekanan yang meningkat di dalam Partai Demokrat Liberal yang berkuasa untuk mengambil sikap lebih keras terhadap China. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya