Pantau Seleknas Polo Air, Ketum PRSI Puas Persiapan Menuju Asian Games

Ketum PB PRSI, Anindya Novyan Bakrie, pantau seleknas polo air putra
Sumber :
  • PB PRSi

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Anidya Novyan Bakrie, meninjau langsung pelaksanaan seleksi nasional (seleknas) polo air putra yang digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Sabtu 22 Januari 2022.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Dalam kunjungannya kali ini, Anindya ditemani oleh Waketum PB PRSI Reswanda, Sekretaris Jenderal PB PRSI Ali Andi Patiwiri juga Komite Teknik Polo Air PB PRSI Dean Baldwin. Pria 47 tahun itu sejak awal turut menyaksikan proses penerapan protokol kesehatan di mana setiap pihak yang ikut serta menjalani tes antigen hingga latih tanding sebagai menu seleknas hari terakhir.

Pelaksanaan tes antigen pada seleknas polo air

Photo :
  • PB PRSI
Terpopuler: Juventus Mau Buang Pemain Kawakan, Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Menyaksikan semangat para pemain dalam mengikuti seleknas, Anindya mengaku sangat puas. Pasalnya, dia melihat regenerasi polo air putra sebagai salah satu andalan PRSI dalam mendulang medali di multievent cukup terjaga.

Terbukti, terdapat penambahan jumlah atlet yang mengikuti seleknas dari 49 menjadi 54 atlet dari 9 provinsi. Nantinya, jumlah tersebut akan dipangkas menjadi 26 atlet saja yang akan mengikuti seleknas tahap kedua.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Kita melihat animonya luar biasa. Sehingga kita lihat pertanda bahwa olahraga akuatik khususnya polo air sangat diminati dan kita semua dari PRSI bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan bahwa antusiasme ini akan menjadi suatu prestasi," kata Anindya kepada wartawan.

Latih tanding polo air

Photo :
  • PB PRSI

Lebih lanjut, Anindya juga menjelaskan salah satu tujuan menggelar seleknas polo air ini sebagai upaya membentuk timnas yang mumpuni untuk bersaing di Asian Games 2022 Hangzhou. Sebab, polo air tak dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam.

"Kita adalah juara bertahan SEA Games polo air putra dan kita ingin mempertahankan itu. Tapi, sekarang targetnya ialah bersaing dengan di Asian Games yang akan dimulai bulan September di Hangzhou," tutur Anindya.

"Asian Games 2022 akan jadi target yang tak mudah tapi mesti kita jajal. Karena bagaimanapun juga, walaupun renang yang masuk ke DBON, sedikit banyak saudaranya adalah polo air dan ini sedang kita kembangkan supaya jadi lebih kompetitif," jelas dia.

Sebagai informasi, seleknas polo air putra digelar selama tiga hari mulai 20-22 Januari 2022. Hari ini merupakan hari terakhir seleknas tahap pertama.

Sekitar 70 persen peserta seleknas merupakan wajah baru. Nantinya, hasil dari seleknas ini akan dilaporkan kepada pelatih Milos Sakovic yang ada di Serbia. Baru, setelah itu sang juru taktik akan menentukan siapa saja yang terpilih.

Jika program berjalan lancar, kemungkinan skuad asuhan Milo akan bertolak ke Serbia pada Februari 2022.

"Kita akan perjuangkan dengan pemerintah supaya pelatnasnya bisa cepat latihan lagi. Makanya, sekarang seleksi dulu. Jadi, setelah dapat lampu hijau sudah bisa langsung cepat jalan (pelatnasnya)," ujar Anindya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya