Lagi Ngantuk, Jan Ethes Berhasil Juara Taekwondo Piala Wali Kota Solo

Jan Ethes raih medali emas.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Putra sulung Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra berhasil menjadi juara dalam ajang turnamen taekwondo Piala Wali Kota Solo 2022 yang digelar di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jumat, 28 Januari 2022. Dengan hasil tersebut, cucu pertama Presiden Joko Widodo itu berhak mendapatkan medali emas.

Jokowi Habiskan Akhir Pekan Bersama Jan Ethes dan Sedah Mirah

Jan Ethes yang turun di kelas kategori super pra kadet putra pemula berhasil mengalahkan Ignatius Jason dengan skor 26-16. Sedangkan dalam babak penyisihan sebelumnya, kakak kandung La Lembah Manah itu sukses menang dengan skor akhir 25-19.

Jan Ethes saat menjalani pertandingan taekwondo Piala Wali Kota Solo.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Indonesia Sabet Emas di Kejuaraan Dunia Taekwondo

Hanya saja jelang pertandingan itu, Ethes masih terlihat belum begitu bersemangat. Saat pemanasan, dia juga terlihat beberapa kali menguap sebagai tanda menahan kantuk. Tak pelak dengan kondisi seperti itu menyebabkan pertarungan pada pertandingan pertama dia hanya banyak bertahan dan tidak menekan.

Mengetahui kondisinya belum panas, pelatih taekwondo Donny Susanto langsung turun tangan membantu membangkitkan semangat tarung Jan Ethes. Dia pun meminta kakinya untuk melakukan latihan tendangan. Kakinya silih berganti melakukan tendangan sesuai aba-aba sang pelatih.

Jan Ethes, Raih Medali Emas Dalam Kejuaraan Taekwondo

Setelah dirasa cukup, pelatih berbadan tambun itu memberikan trik dan strategi agar diterapkan saat tanding dalam babak final. Lantas, dalam pertandingan melawan Jason itu, Ethes terlihat tampil lebih garang dengan melakukan tekanan kepada lawan.

Tekanan yang dilakukan Ethes sempat mendapatkan respons dari lawan. Sang lawan mencoba menekan dengan berusaha merobohkan pertahanan Ethes. Tetapi usaha itu tidak berhasil. Putra sulung Wali Kota Solo itu akhirnya unggul dalam perolehan poin dan berhak membawa pulang medali emas.

Keberhasilan Ethes meraih juara disambut bahagia oleh Selvi Anandra dan ibundanya yang turut mengantar putra kesayangannya itu bertanding di arena pertandingan di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi Solo. Bahkan, mantan Putri Solo itu juga mengaku berdebar saat menunggu putranya bertanding.

“Ya senang Ethes bisa menang. Tadi juga deg-degan ketika melihat Ethes tanding,” ucap Selvi.

Kata Pelatih soal Permainan Jan Ethes

Sementara itu, pelatih taekwondo Jan Ethes, Donny Susanto mengatakan sempat menanyakan kepada Ethes terkait permainannya yang tidak begitu bagus pada pertandingan pertama. Menurutnya, anak didiknya itu mengaku masih mengantuk.

“Karena masih mengantuk makanya nendangnya kurang akurat,” ujar Donny.

Namun menjelang pertandingan partai kedua dalam babak final itu, Donny mengaku sempat memberikan latihan sebentar kepada Ethes. Dengan modal latihan singkat itu, Ethes pun berhasih bangkit. 

“Tapi setelah latihan itu Ethes, para pertandingan kedua sudah menunjukkan seperti permainan yang dulu,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya