Asosiasi Lari Trail Indonesia Taklukkan Lintasan Bukit Sentul Bogor

Asosiasi Lari Trail Indonesia menyusuri perbukitan Sentul, Bogor
Sumber :
  • VIVA/Aprian Romadhoni

VIVA – Usai menggelar Musyawarah Nasional dan Raker Pengurus Pusat dan memilih Bima Arya Sugiarto sebagai ketua umum, Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) langsung tancap gas menyusuri lintasan sejauh 7 kilometer di perbukitan Sentul Bogor, Selasa 8 Februari 2022. 

Start dimulai pukul 06.00 WIB Taman Budaya, Sentul. Para peserta mulai berlari menyusuri jalan raya. Trek trail mulai membelah sungai. Peserta satu persatu berlari melompati bebatuan. Dari lokasi itu, puluhan peserta menempu medan perbukitan dengan trek hutan.

"Trail dengan lari konvensional bedannya. Trail ini harus masuk ke medan-medan yang sifatnya offroad. Jadi ada sebagian jalan raya, ada sebagian besar lagi ladang, sawah, pantai, gunung,jalan tanah dan lain-lain. Rasanya sih lebih menantang. Ini kita lari cuma 7 kioometer tapi pegalnya sama dengan 15 kilo jalan raya, Jadi 10 persen road, sisanya offroad," kata Muhammad Farhan Ketua Harian ALTI saat diwawancarai, Selasa 8 Frbruari 2022.

Ketua Umum ALTI, Bima Arya Sugiarto mengatakan menaklukan trek Sentul bagian dari rangkaian Munas ALTI pada Senin 7 Februari 2022.  AlTI sendiri, kata Bima, ingin mempopulerkan lari trail. Lari trail memuat banyak aspek dari mulai wisata, tourism, hingga lingkungan hidup.

"Dan kami ingin bersinergi dengan semua. Berkolaborasi dengan semua. Ini bukan sekedar lari. More than just running.  Ini dekat dengan alam dengan rekreasi dengan tourism, dengan lingkungan hidup jadi kita ingin menggairahkan ini. Tag line kita ayo lari Indonesia," jelas Bima.

Lanjut Bima menuturkan, ALTI melihat antusiasme lari trail di Indonesia ini terus naik. Saat ini sudah ada di 12 pengurus daerah tingkat provinsi. Dan hingga tahun 2025 AlTI menargetkan akan menambah 25 pengurus tingkag daerah.  Sehingga ALTI dapat bergerak untuk terdaftar KORMI dan KONI.

Banyak tokoh yang berperan menjadi dewan penasehat ALTI untuk menjalankan program kerja. Di antarannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak hingga Irjen Pol Marthinus Hukom Kepala Densus 88.

"Karena ini di banyak daerah. Antusiasme besar. Perlu didorong lebih kenceng lagi untuk mendapatkan legitimasi dan dukungan dari semua.  Ada mas Emil Dardak wagub Jatim, karena Jatim ada event yang sangat menjadi andalan yaitu bromo tangger semeru BTS. Pembina Komjen Marthinus Hukom Kepala Densus 88. Saya dan kang Farhan akan berduet mengembangkan organisasi ini agar lebih gencar," kata Bima.

Bima menambahkan, dalam waktu dekat ALTI akan mengelar berbagai kegiatan untuk mempopulerkan lari trail dari mulai Mesastrila di Magelang, ALTI Palu, hingga kegiatan di Karo Sumatera Utara dan Pegunungan Rinjani Nusa Tenggara Barat.

"Kita akan mempopulerkan ini ke arah rekreasional juga untuk para pemula dengan jarak tempuh dan durasi serta elevasi yang bersahabat. Supaya populer di kalangan  SMA kampus-kampus pencinta yang bisa dimulai awal-awal," jelasnya.

Dukung Sport Tourism Lewat Sungailiat Triathlon 2024
Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Ketika melakukan olahraga di pusat kebugaran, ada baiknya perhatikan penggunaan sepatu olahraga. Jangan sampai salah dan malah berujung pada cedera. Apa sebabnya?

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024