PB ISSI Fokus Persiapkan Timnas BMX Menuju Asian Games 2022

Skuad Timnas BMX Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) tengah mempersiapkan deretan atlet terbaiknya untuk tampil di Asian Games 2022 Hangzhou, China, 10-25 September 2022. Rencananya, mereka akan mengirim tujuh atlet BMX.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Ketujuh atlet BMX tersebut terdiri dari lima atlet putra dan dua atlet putri. Dari sektor putra terdapat I Gusti Bagus Saputra, Fasya Ahsana Rifki, dan Yussi Wakhidur Rizal.

Dua atlet putra lainnya akan diberangkatkan secara mandiri yakni, Muhammad Alfauzan dan Aditya Fajar Putu Soekarno. Sementara, di sektor putri ada Amellya Nur Sifa dan Jasmine Azzahra Setyobudi.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Sebagai persiapan menyambut Asian Games 2022, tim pelatih sudah menyusun program pelatihan yang akan dijalani seluruh atlet tersebut. Kebanyakan masih berkutat dalam hal peningkatan kondisi fisik agar para atlet bisa tampil prima saat event itu dimulai.

Pasalnya, diungkapkan pelatih Timnas BMX, Ari Kristanto, kondisi para atlet kini masih belum berada di puncak performa lantaran baru bergabung selama satu bulan di dalam pelatnas di Yogyakarta.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

"Dari segi fisik masih jauh. Selain itu, mereka juga masih perlu banyak try in dan try out untuk membangun skill dan terus mengasah kemampuan berlomba mereka," kata Ari saat ditemui di Kantor PB ISSI.

Demi memfasilitasi para atlet guna mencapai peak performance, PB ISSI pun telah memetakan sejumlah kejuaraan untuk diikuti para atlet demi menambah jam terbang sebelum tampil di Asian Games 2022. Rencananya, mereka akan dikirim ke berbagai kejuaraan di Eropa.

"Ada lima ajang yang kami rencanakan diikuti atlet Indonesia. Termasuk European Cup, World Cup, dan World Championship. Ada sekitar lima seri," ujar Wakil Bidang Pembinaan dan Prestasi PB ISSI, Gia Amalia.

Sebelumnya, sejumlah atlet BMX termasuk atlet Timnas mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) BMX 2022 di Jakarta International BMX Pulomas, Jakarta, Sabtu 26 Maret 2022.

Kejuaraan tersebut diikuti oleh 103 atlet dari sembilan provinsi, Kejurnas BMX 2022 menjadi ajang bagi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menjaring atlet muda potensial.

Sementara, pada Asian Games 2018 lalu yang digelar di Jakarta-Palembang, tim BMX Indonesia berhasil menyumbangkan satu medali perak dan perunggu.

Perak diraih oleh I Gusti Bagus Saputra dari sektor putra. Dan perunggu diraih wakil putri, Wiji Lestari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya