Unik, Rifda Irfanaluthfi dan Pesenam Thailand Jadi Juara Bersama

Pesenam Rifda Irfanaluthfi, peraih tiga medali SEA Games 2021
Sumber :
  • ANTARA/Zuhdiar Laeis/aa

VIVA –  Pesenam Rifda Irfanaluthfi tak menyangka dapat medali emas kembar bersama atlet Thailand pada cabang olahraga senam artistik  nomor senam lantai putri SEA Games 2021 di Vietnam.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Rifda dan pesenam Thailand Sasiwimon Muchangpu sama-sama meraih nilai tertinggi 12.700 poin pada lomba yang berlangsung di Quan Ngua Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Senin 16 Mei 2022.

Begitu hasil pertandingan keluar di layar monitor, Rifda langsung menangis dipeluk pelatih, manajer, dan rekan-rekannya. Beberapa kali, Rifda seperti termenung tak menyangka dengan hasil yang diraihnya, sembari bercakap dengan pelatihnya.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

"Karena sebelumnya belum pernah dapat medali kembar. Ya, gimana ya rasanya," ujar gadis kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1999 itu.

Pelatih senam artistik Eva Novalina T. Butar Butar sempat menanyakan kesamaan poin yang diraih Rifda dan pesenam Thailand kepada Technical Delegates.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

"Untuk multieven ini kalau nilainya kembar tidak ada tie break, tidak perlu dipecah. Jadi, ada juara bersama, Indonesia dan Thailand," kata Eva.

Di podium, Rifda pun bareng Sasiwimon untuk pengalungan medali emas, sementara pesenam Vietnam Pham Nhu Phuong mendapatkan medali perunggu.

Medali emas kembar senam artistik tak hanya diraih Rifda dan Sasiwimon, tetapi juga pada nomor palang tunggal putra antara pesenam Filipina Carlos Edriel YP dan pesenam Vietnam Dinh Phuong Thanh dengan skor 13.867. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya