6 Atlet Indonesia yang Berhasil Kantongi Tiket Olimpiade 2024 Paris

Pesenam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi
Sumber :
  • ANTARA/instagram/@rifda_irfanaluthfi

Jakarta – Olimpiade 2024 Paris akan bergulir pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Sejauh ini sudah ada enam atlet Indonesia yang berhasil mengantongi tiket untuk tampil di ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Enam atlet Indonesia tersebut mewakili empat cabang olahraga. Masing-masing satu putra dan putri panahan dan panjat tebing, ditambah senam putri, dan menembak putra.

Berikut kami sajikan daftar enam atlet Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade 2024 Paris;

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

VIVA Militer: Diananda Choirunisa Atlet Panahan yang ikut Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Penkostrad

1. Diananda Choirunisa

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Diananda Chourinisa memastikan satu tiket ke Olimpiade 2024 Paris setelah tampil di Asian Games 2022 Hangzhou. Dia turun pada nomor mixed team recurve bersama Riau Ega Agatha dan menyabet medali perak.

Dengan keberhasilan tersebut, Diananda sukses merebut tiket untuk nomor recurve perorangan putri Olimpiade 2024 Paris. Ini akan jadi yang kedua perempuan berusia 26 tahun tampil di Olimpiade.

Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Arif Dwi Pangestu

Photo :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

2. Arif Dwi Pangestu

Sebelum Diananda mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024, lebih dulu Arif Dwi Pangestu yang mendapatkannya untuk cabor panahan. Dia berhasil memastikan satu tempat usai tampil di Kejuaraan Dunia Panahan, Berlin, Jerman.

Atlet panah berusia 19 tahun itu mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris setelah melangkah sampai babak semifinal recurve putra. Meski berusia muda, namun Arif sudah pernah tampil di Olimpiade 2020 Tokyo, dan menempati peringkat ke-32.

Atlet panjat tebing putri Indonesia Desak Made Rita Kusuma

Photo :
  • ANTARA/HO-FPTI

Desak Made Rita Kusuma Dewi bakal mewakili Indonesia di cabang olahraga panjat tebing Olimpiade 2024 Paris. Dia mendapatkan tiket itu setelah meraih medali emas Piala Dunia Panjat Tebing di Bern, Swiss pada Agustus 2023.

Desak yang bergabung ke pelatnas pada 2020 memang sudah menargetkan untuk bisa lolos ke ajang olahraga empat tahunan ini. Dan akhirnya dia akan melakukan debut Olimpiade sebentar lagi.

Rahmad Adi Mulyono

Photo :
  • twitter.com/ifsclimbing

Rahmad Adi Mulyono lolos ke Olimpiade 2024 Paris setelah keluar sebagai juara nomor speed Kejuraan Panjat Tebing IFSC Asian Qualifier yang digelar di Jakarta, tahun lalu. Ketika itu, dia mengalahkan atlet Indonesia lainnya, Kiromal Katibin pada babak final.

Masih berusia 23 tahun, Rahmad Adi Mulyono beberapa kali mewakili Indonesia di ajang internasional. Akan tetapi, Olimpiade kali ini akan menjadi debutnya.

Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi

Photo :
  • Instagram @rifda_irfanaluthfi

5. Rifda Irfanalutfi

Rifda Irfanalutfi akan menjadi wakil Indonesia di cabor senam Olimpiade 2024 Paris. Dia mendapatkan tiket tersebut setelah tampil di Kejuaraan Dunia Artistik 2024 Antwerp, Belgia.

Menurut keterangan NOC Indonesia, tiket yang didapat Rifda merupakan realokasi tuan rumah. Prancis yang sudah melewati atletnya lewat kualifikasi tim putri, membuat jatahnya diberikan kepada atlet yang ranking-nya lebih mendekati kualifikasi Olimpiade.

Duo penembak Indonesia peraih emas SEA Games 2019, Vidya Rafika/Fathur Gustafian

Photo :
  • Pers SEA Games 2019

Fathur Gustafian menjadi atlet keenam Indonesia yang merebut satu tempat Olimpiade 2024 Paris cabor menembak. Dia akan mewakili kontingen Merah Putih di nomor 10m rifle putra.

Tiket Olimpiade 2024 Paris didapatkan oleh Fathur Gustafian usai tampil dalam Asian Rifle/Pistol Championship 2024 yang dihelat di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta pada Januari 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya