Polemik Pembiayaan Odekta ke SEA Games 2021 Wajib Ditelusuri

Pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho
Pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho
Sumber :
  • NOC Indonesia/M Rifqi

VIVA – Odekta Elvina Naibaho berhasil menyumbangkan medali emas SEA Games 2021 lewat nomor marathon putri, Kamis 19 Mei 2022. Ada yang menarik dari selebrasi keberhasilannya.

Secarik kertas dibentangkan oleh Odekta. Di sana tertera ucapan terima kasih kepada orang tuanya yang terus memberi dukungan hingga akhirnya bisa mengibarkan mengumandangkan Indonesia Raya di level internasional.

Odekta menitikkan air mata ketika melakukan selebrasi itu. Dia mengaku segala pengorbanan untuk tampil di SEA Games 2021 terbayarkan.

"Saya tidak melakukan itu untuk orang-orang yang benar-benar ketika saya di atas, mereka menganggap saya sebagai Odekta, tapi ketika saya di bawah, mereka sama sekali tidak melihat saya," kata Odekta.

Odekta berjuang selama dua bulan belakangan tanpa mendapat pembiayaan. Untuk mewujudkan impian merebut prestasi, tidak cuma materi yang dikorbankan, tapi juga emosi.

Apa yang diungkapkan Odekta ini jelas jadi pertanyaan. Bagaimana mungkin, atlet yang berlaga membela negara, namun tidak mendapat pembiayaan.

Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho berhasil menyabet emas marathon putri SEA

Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho berhasil menyabet emas marathon putri SEA

Photo :
  • ANTARA | Arindra Meodia