Tim Balap Sepeda Indonesia Sabet 2 Perak di Kejuaraan Asia Trek 2022

Atlet balap sepeda Indonesia, Terry Yudha Kusuma
Sumber :
  • PB ISSI

VIVA – Prestasi kembali ditorehkan Timnas balap sepeda Indonesia dalam persiapannya menuju Olimpiade Paris 2024. Tim Merah Putih berhasil membawa pulang dua medali perak dalam Kejuaraan Asia Balap Sepeda Trek atau Asian Track Cycling Championships (ATCC) 2022.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Pada ajang yang berlangsung di Indira Gandhi Sport Complex, New Delhi, India, 18-22 Juni, medali perak disumbangkan oleh Ayustina Delia Priatna pada nomor Women Elite Omnium dan Terry Yudha Kusuma di nomor Men Elite Scratch.

Terry Yudha harus puas berada di posisi kedua setelah finis di belakang wakil Jepang, Eiya Hashimoto. Sementara, peringkat ketiga ditempati atlet asal Iran, Mohammad Ganjkhanlou. 

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Sebelumnya, Ayu telah lebih dulu memastikan podium kedua pada Senin, 20 Juni 2022, usai mengumpulkan 123 poin pada kategori Women Elite Omnium.

Ayu tertinggal poin cukup jauh dari pembalap sepeda asal Jepang, Tsuyaka Uchino, yang pulang dengan medali emas usai mengumpulkan 139 poin. Sementara, perunggu menjadi milik wakil Kazakhtstan Rinata Sultanova dengan 121 poin. 

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Pelatih Kepala Timnas Balap Sepeda, Dadang Haries, menyebut raihan ini menjadi awal yang baik karena ini merupakan ajang yang masuk dalam Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. 

"Dengan hasil ini Alhamdulillah cukup puas. Awal yang bagus untuk start Point Olympic. Selain itu, dengan persiapan yang tidak begitu banyak, anak-anak bisa mempertahankan performanya setelah SEA Games Vietnam. Medali yang kita raih adalah dari nomer Track Endurance dan dengan atlet-atlet yang turun di SEA Games Vietnam," ujar Dadang.

"Sebetulnya juga kita juga sudah lama tidak kompetisi track. Di samping masalah COVID-19 yang cukup panjang, juga hampir kompetisi baik di ASEAN maupun Asia banyak yang batal," sambungnya. 

Ayu dan Terry Yudha memang sebelumnya tampil di SEA Games Vietnam yang berlangsung pada 12-23 Mei 2022. Bahkan Ayu sukses menyabet medali emas pada nomor Individual Time Trial (ITT) putri dengan menjadi yang tercepat 40 menit 08,445 detik. 

Selain emas, Ayu juga membawa pulang perunggu SEA Games Vietnam pada nomor Individual Road Race (IRR) putri setelah finis ketiga dengan catatan waktu 2 jam 13 menit 15 detik. Tak ada gap waktu antara Ayu dengan pemenang yakni Thi That Nguyen asal Vietnam dan peraih perak Nur Aisyah Mohamad Zubir asal Malaysia. 

Adapun di Asian Track Cycling Championships 2022, Indonesia menurunkan enam atlet. Selain Ayu, ada Bernard Benyamin Van Aert, Aiman Cahyadi, Dika Alif Dhentaka, Terry Yudha Kusuma, dan Wiji Lestari. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya