Ajang Road Bike Internasional GFNY Dihelat di Bali

GFNY 2022 di Bali
Sumber :
  • Dok. GFNY

VIVA Sport – Untuk keempat kalinya ajang road bike  internasional, GFNY digelar di Bali. Sempat absen di tahun lalu, GFNY dipusatkan di Gianyar pada Minggu 7 Agustus 2022. Ini sekaligus merangsang kembali geliat pariwisata di Pulau Dewata.

Aksi Jambret di Semanggi, Tapi Warganet Malah Fokus Pesepeda di Luar Jalur Sepeda

GFNY sudah tujuh kali diadakan di Indonesia. Pada 2016 dan 2017, Lombok, Nusa Tenggara Timur yang menjadi tuan rumah. Lalu di 2018, Samosir, Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah. 

GFNY adalah seri maraton olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 
negara dengan total 30.000 peserta per tahun. Ajang ini terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York.

Viral Rombongan Pesepeda Masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek

GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun Internasionaldan dengan bangga Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Championship.

Tahun 2022 ini, Bali kembali menjadi tuan rumah GFNY Championship Asia dengan  target 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri . Perhelatan internasional ini tentunya diharapkan dapat menggerakkan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Hongkong, Inggris, Perancis, Italia, USA dan beberapa negara lainnya. 

Bali Jadi Tuan Rumah Road Bike GFNY Championship Asia 2022

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor terkait mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya.

“Saya memilih Bali karena Bali adalah pulau yang Indah serta memiliki masyarakat dan 
budaya yang ramah. Saat ini peserta yang sudah terdaftar 1526 orang dan 97-nya orang
Asing dari 19 Negara, Ujar Axel Moeller selaku Founder GFNY Indonesia.

Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yaitu long (137km) dan medium (102km) melewati 
pesisir pantai dan area gunung, untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar dimana akan ada booth-booth dari 
bebagai macam industri, di mana Element Camp menjadi sponsor Utama, BNI sebagai 
Bank Partner, Vision+ menjadi media partner, Aladin Travel sebagai Travel Partner, serta 
diikuti sponsor kami lainnya sepert Geliga, Shantika hotel group dan Garuda Indonesia.

Kiagoos Irvan Faisal selaku Koordinator MICE International Kemenparekraf menyatakan “sangat mendukung event-event yang melibatkan massa dari destinasi ke destinasi 
lainnya di Indonesia, seperti GFNY Bali yang sudah ke 4 (empat) kalinya."

Apresiasi disampaikan kepada jajaran Kepolisian Daerah Bali yang sudah memberikan dukungan penuh dalam memastikan keamanan dan keselamatan para peserta baik nasional maupun mancanegara. Rapat bersama jajaran Polda Bali dipimpin oleh Karo Ops Polda Bali Komisaris Besar Polisi Firman Nainggolan SH., MH. dan 4 Polres (Gianyar, Klungkung, Bangli dan Karangasem) yang menerjunkan total 876 personel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya