Dihadiri Menpora dan Menteri BUMN, Ketum PB PRSI Buka IOAC 2022

Ketum PB PRSI, Anindya Novyan Bakrie dengan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA Sport – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Anindya Novyan Bakrie resmi membuka Kejuaraan aquatic terbesar di Tanah Air, Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC).

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

4th IOAC atau Indonesia Open Aquatic Championship berlangsung pada 12-19 Desember 2022 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hadir juga dalam pembukaan Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri BUMN, Erik Thohir dan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Anindya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan dukungan kepada PB PRSI. 

Apalagi, olahraga renang masuk menjadi satu di antara tujuh cabang olahraga unggulan yang masuk dalam desain besar olahraga nasional atau DBON.

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Dia berharap dengan digelarnya 4th IOAC muncul atlet terbaik yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Memang ini adalah Indonesia open akuatik yang pertama setelah dua tahun jeda. Terima kasih atas dukungannya pak menteri BUMN dan Menpora. Kami sadar, dan mengapresiasi bahwa pemerintah di bawah pak Joko Widodo bahwa renang masuk dalam DBON," kata  Anindya.

"Kini, olahraga renang sudah semakin semarak. Renang itu adalah mother sport (ibu olahraga) ada 36 kemungkinan medali emas yang bisa kita raih di Olimpiade. Kami bangga diberikan kepercayaan oleh pemerintah," sambungnya.

IOAC 2022 edisi edisi keempat ini diiuti 1500 peserta dan melombakan empat disiplin akuatik yakni renang (12-15 Desember), polo air (12-16 Desember), loncat indah (16-19 Desember), dan renang artistik (17-19 Desember).

Selain itu, ada lomba renang untuk master pada 18 Desember yang diikuti perenang senior mulai usia 27 hingga 85 tahun lebih.

Khusus untuk renang, event ini juga merupakan Kejuaraan Renang Antar-Perkumpulan Se-Indonesia (KRAPSI) ke-43.

Tercatat 125 klub mengirimkan perwakilan untuk berlomba di sejumlah kategori yakni, KU-4 untuk usia 11 tahun ke bawah, KU-3 (12-13 tahun), KU-2 (14-15 tahun), KU-1 (16-18 tahun) dan kategori senior dengan usia 18 tahun ke atas.

Deretan perenang elite Indonesia seperti Glenn Victor Susanto, Aflah Fadlan Prawira, I Gede Siman Sudartawa, Patrisia Yosita, Azzahra Permatahani Serta perenang Junior peraih Emas Sea Games Vietnam 2021 (2022) lalu Masniari Wolf, dan Flairene Candrea Wonomiharjo juga turun membela klub masing-masing.

Sementara untuk loncat indah melombakan lima kategori yakni Kelompok Umur atau KU-D dengan usia di bawah 10 tahun, KU-C (11-13 tahun), KU-B 14-15 tahun), KU-A (16-18 tahun), dan terbuka dengan usia diatas 18 tahun.

Adapun Renang artistik dimulai Kelompok Umur atau KU-1 dengan usia di bawah 9 tahun, KU-2 (10-12 tahun), KU-3 (13-15 tahun), dan kategori open tanpa batasan usia.

Untuk polo air, akan hadir atlet-atlet muda terbaik dari daerah masing-masing. Para atlet muda ini akan dipantau Pelatih Timnas asal Serbia, Nikola Milosavljevic.

Sedangkan polo air putri akan dipantau Pelatih Timnas asal Hungaria, Aaron Regos. Sistem promosi dan degradasi masih berlaku di polo air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya