Pemprov Sumut Angkat Bicara soal Isu Pencoretan Anggaran Rally Danau Toba

Para pereli mengikuti SS Danau Toba Kejurnas Rally 2022.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara, Zumri Sulthony, mengklarifikasi kabar anggaran untuk pelaksanaan Rally Danau Toba 2023 dicoret.

Bus Pariwisata Tabrak Pejalan Kaki di Toba Hingga Dua Tewas

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi disorot perihal ini. Menurut Zumri, kabar tersebut sama sekali tidak benar.

"Tak benar Pak Gubernur Edy mencoret anggaran rally. Wah sama sekali informasi yang tidak benar itu," sebut Zumri kepada wartawan, Kamis 16 Februari 2023.

Elite PDIP Sebut Ahok Diusulkan Maju Pilkada Sumut 2024

Kadisbudparekraf Sumatera Utara, Zumri Sulthony

Photo :
  • Istimewa

Zumri membeberkan bahwa anggaran untuk membantu kegiatan rally tahun 2023 tidak tertampung pada APBD Sumut 2023. Jadi bukanlah dicoret seperti yang dikabarkan sebelumnya.
 
"Tidak seperti yang diberitakan media itu," tutur Zumri. 

AKBP Roy: Ledakan Hebat di Perumahan Elit Medan Murni Gas, Bukan Bom

Zumri menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumut sangat mendukung sport tourism di Danau Toba. Apalagi itu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan kunjungan pariwisata.

"Sebelumnya memang kita bermaksud mendukung even Rally Danau Toba 2023, maka kita usulkan dana tambahan untuk dinas pariwisata. Tapi itu kemudian belum diakomodir TAPD," kata Zumri.

Zumri menjelaskan anggaran Pemprov Sumut tahun 2023 bahkan sampai 2024, sangat ketat, menyusul rencana pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 dan untuk dukungan pembiayaan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami tetap akan mengusulkan dana tambahan dinas. Tapi kan, semuanya memang tergantung alasan-alasan yang saya kemukakan tadi ya, ada sektor-sektor prioritas dan karena keterbatasan anggaran juga," ucap Zumri.

Berbeda dengan tahun anggaran 2022, ungkap Zumri, pihaknya ikut mendukung terlaksananya Rally Danau Toba. "Kalau nggak salah sekitar Rp 900 juta, segitu seingat saya, nanti bisa kita koreksi," jelas Zumri.

Zumri menjelaskan bahwa perlu dipahami, bukan berarti misalnya dengan adanya dukungan anggaran Rally Danau Toba, lantas semua item kegiatannya ditanggung.

"Kita lebih pada support-nya ya, ya sekali lagi memang karena keterbatasan anggaran. Pengalaman di tahun lalu itu, memang banyak partisipan yang ikut mendukung," ucap Zumri.

Zumri mengatakan bila ada yang berpandangan bahwa Disbudparekraf Sumut tidak mendukung pemasaran wisata Danau Toba dengan tidak ditampungnya anggaran Rally Danau Toba 2023, adalah keliru.

"Karena kalau kita urai, kan di banyak sisi kegiatan lainnya kami mendukung, jadi tidak hanya dari satu sisi saja," jelas Zumri.

Zumri mengungkapkan bahwa harus paham juga bahwa pemasaran wisata Danau Toba itu, Pemprov Sumut sangat mendukung. Apa lagi, kegiatan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Apa lagi, sudah menjadi kawasan super prioritas wisata, adalah tidak saja tanggung jawab kami, tapi semua kita. Contoh kecilnya, di Pemprov semua dinas itu langsung maupun tidak langsung, turut memasarkan wisata Danau Toba," ucap Zumri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya