Semarak Dukungan Suporter Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

Suporter Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja
Sumber :
  • Antara

VIVA Sport - Pemandangan di Stadion Olimpiade Phnom Penh terasa begitu semarak dengan kehadiran sejumlah masyarakat Indonesia yang tinggal di Kamboja untuk mendukung tim nasional bola voli putra Indonesia melawan Filipina pada ajang SEA Games 2023, Rabu 3 Mei 2023.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Marta, yang hadir di stadion bersama kedua anaknya, mengaku antusias karena ia sudah lama ingin menonton penampilan memukau dari Haryono Doni cs. Terlebih, momen itu terasa makin spesial karena ia menyaksikan langsung di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Saya sudah lama ingin menonton (pertandingan voli), karena saya dan anak-anak suka (olahraga ini). Apalagi, tiketnya gratis, dan anak-anak juga tidak perlu (masuk) sekolah untuk (datang ke) SEA Games," kata Marta.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Fakta menarik, Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja Dr. Hang Chuon Naron, sebelumnya telah mengumumkan libur sekolah selama SEA Games ke-32, yang baru pertama kali digelar di negeri Khmer itu.

Timnas Bola Voli Putra Indonesia tampil agresif di SEA Games 2023

Photo :
  • Antara
Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Dalam surat edarannya, ia mengatakan layanan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah umum, dan pendidikan teknik publik semuanya diwajibkan untuk mengambil cuti besar mulai 20 April hingga 18 Mei 2023.

Lebih lanjut, kebijakan itu juga tertulis bahwa lembaga pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pendidikan umum di sektor swasta ditutup mulai tanggal 20 April sampai dengan 18 Mei 2023.

Selain itu, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diliburkan mulai tanggal 20 April sampai dengan 18 Mei 2023.

Di laga penyisihan Grup A bola voli putra tersebut, Marta dan kedua putranya tidak sendirian. Puluhan suporter turut memadati salah satu bagian venue dengan membawa berbagai atribut hingga bersolek dengan nyentrik.

Gemuruh "Indonesia, Indonesia" juga seakan menjadi amunisi timnas untuk memenangkan pertandingan perdana mereka melalui tiga set langsung dengan skor 25-18, 25-18, dan 25-23.

Di sisi lain, Kepala Kanselerai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh, Lauti Nia Astri, mengatakan WNI di Kamboja akan senantiasa mendukung para atlet dan timnas yang berkompetisi di SEA Games 2023.

"Mereka hadir untuk mewujudkan dukungan penuh kepada timnas yang bertanding, terlepas dari apa pun cabornya. Mereka dengan senang hati dan sukarela datang mendukung," kata Nia. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya