Basket 3x3 Indonesia Menuju Industri, Rizky Julian dari Bounty Hunter ke Ranah Profesional

Rizky Julian
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Bagi khalayak basket Indonesia, Rizky Julian dan komunitasnya Glorius bak koboi dan senapan. Tak ada arena 3on3 yang luput dari bidikan pria berjuluk Boski tersebut.

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Sejak 2007, Glorius melegenda sebagai salah satu tim 'Bounty Hunter' yang sukses di Jakarta.

Bermulai dari niat iseng mengikuti turnamen di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di tahun 2006, Glorius menjelma menjadi komunitas basket yang punya prestasi dengan Boski sebagai aktor utamanya.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

"Dulu sempat ada aturan di mana Glorius ngga boleh ikut serta di salah satu turnamen, 3on3 ini selain ajang buat cari validasi di basket Indonesia, kita juga niatnya cari uang. Sampai pada satu titik kita di-blacklist karena menang terus selama hampir 6 tahun di turnameny tsb” ujar Boski.

Meski diawal terbentuknya Glorius sering dipandang sebelah mata, Boski tak patah semangat. Bersama tekadnya, Glorius justru menjelma menjadi komunitas basket yang besar yang tak hanya dikenal di Jakarta, tetapi memiliki taji di nasional.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

"Glorius bertahan sampai hari ini tujuannya adalah kasih liat ke semua orang kalo komunitas juga bisa kontribusi ke basket nasional. Mungkin jamannya Bounty Hunter udah lewat, di 10 tahun terakhir Glorius fokus kasih balik ke komunitas-komunitas diluar sana apa yang kita dapet buat kemajuan komunitas juga” ujar Boski.

Kecintaan Boski terhadap basket serta komunitas yang dibangun membawanya ke level yang lebih jauh. Saat ini basket 3on3 sudah berevolusi menjadi basket 3x3 dan tumpuan untuk basket Indonesia berprestasi di level internasional.

Maka dari itulah Boski membentuk Basket-ID, untuk bisa andil memberi kontribusi bagi basket Indonesia khususnya 3x3. Boski punya mimpi untuk membawa 3x3 Indonesia naik tingkat dengan level penyelenggaraan kompetisi yang lebih baik. Konsep liga serta banyak konsep lainnya yang sudah disiapkan Basket ID demi memajukan bola basket 3x3.

"Harapan terbesar tentu agar 3x3 Indonesia bisa menjadi industri dan para pemain muda punya mimpi buat bela Indonesia ke kancah dunia, karena banyak negara-negara yang dulu gak kita kenal sebagai negara dengan fokus 3x3 seperti Mongolia, sekarang mereka udah 3 langkah didepan kita dalam beberapa aspek.” ujar Boski.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya