Riau Bhayangkara Run Berlangsung Sukses, Atlet SEA Games Jadi Pemenang

Riau Bhayangkara Run 2023
Sumber :
  • Istimewa

Pekanbaru – Riau Bhayangkara Run 2023 yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Minggu 6 Agustus 2023 sukses digelar.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti event ini sangat tinggi. Hal itu terbukti dari jumlah peserta yang mencapai 2000 orang.

Bahkan, hampir seribu peserta berasal dari luar provinsi Riau seperti Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh, Nusa Tengga Barat, Sumatera Utara dan lainnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Sejalan dengan itu, hal tersebut membuat pendapatan ekonomi daerah meningkat di berbagai sektor seperti transportasi, penginapan, kuliner, dan penjualan oleh-oleh khas Riau.

"Hal ini tentunya menjadi kebanggan bersama karena Riau Bhayangkara Run ini menunjukan keberhasilan kita untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Riau," kata Iqbal.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Saat ini saya juga mendapatkan laporan okupansi penginapan di Pekanbaru meningkat 80-90 persen. Terima kasih 800 lebih runner dari luar Provinsi Riau," ujarnya, menambahkan.

Riau Bhayangkara Run memperlombakan lari jarak 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer. Ribuan pelari ini memperebutkan hadiah hingga ratusan juta untuk kategori pemula atau pelajar putra-putri hingga umum.

Pada setiap titik lintasan, para panitia sudah bersiap. Baik panitia lari, medis dan ambulans, petugas keamanan hingga fotografer. Dalam jarak titik tertentu, juga tersedia minuman bagi peserta yang membutuhkan.

Selain itu,  peserta juga disuguhkan dengan berbagai macam pertunjukan seni. Mulai dari seni musik tradisional, tari-tarian, hingga putra-putri Riau berpakaian tradisional yang turut memberikan semangat kepada para pelari.

Mohammad Iqbal mengatakan, Riau Bhayangkara Run akan dijadikan agenda tahunan karena mendapat sambutan positif dari masyarakat. 

Bahkan ia bekekeinginan agar pada tahun mendatang Riau Bhayangkara Run bisa lebih besar dan memperlombakan kategori internasional.

"Tahun depan harus lebih besar daripada ini. Kalau sekarang hadiah doorprize utamanya 1 mobil, tahun depan 2 unit. Tapi perlu diketahui keberhasilan iven ini bukan hanya kerja-kerja Kepolisian saja. Namun merupakan kerja bersama seluruh pihak untuk masyarakat Indonesia, dan Riau secara spesifik," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi gelaran ini. Dia mengatakan lomba lari yang diadakan Polda Riau memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat. Termasuk mempromosikan Riau ke kancah nasional.

"Semangat Bhayangkara Run ini luar biasa, datang dari berbagai daerah. Ini dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT Provinsi Riau dan juga Hari Kemerdekaan dan moment ini sangat tepat sekali, termasuk promosi Riau," ujar Syamsuar.

Adapun Juara 1 kategori 21K putra ditempati oleh atlet nasional yang pernah tampil 2023 Riki Martin Simbolon asal Bandung, Jawa Barat. Dia menjadi yang tercepat dengan waktu tempuh 1 jam 9 menit. 
 
Di posisi yang sama untuk kategori putri, ditempati Desi Kristiani dari Jawa Barat dengan waktu tempuh 1 jam 28 menit. Keduanya membawa pulang medali serta uang tunai Rp25 juta. 
 
Sedangkan kategori 10K putra, dimenangkan oleh Rahmat Setiabudi pelari asal Bandung, Jawa Barat, dengan waktu tempuh 34 menit 55 detik.
 
Di kategori 10K putri, juara 1 ditempati oleh Siska Sinamora dari Sumatera Utara. Siska berhasil mengisi posisi pertama setelah berlari selama 41 menit 14 detik. Keduanya masing-masing mendapatkan uang tunai Rp10 juta beserta medali.
 
Kemudian juara 1 kategori 5K putra diisi oleh Elizar Gamazi yang juga pelari asal Bandung dengan memakan waktu 16 menit 48 detik. Posisi pertama dari putri, diraih Zulhasmiati asal Padang. Masing-masing membawa pulang uang tunai Rp7,5 juta.
 
Sedangkan kategori pelajar 5K, diraih oleh Salsabila dari Solok, Sumatera Barat. Di tempat yang sama kategori putra, ditempati Indon cristi Nainggolan dari Pekanbaru. Kedua pelajar ini pulang dengan medali dan uang tunai masing-masing Rp3 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya