Venue Martial Arts PON 2024 Ditargetkan Rampung Desember

Progres Pembangunan Venue Martial Arts untuk PON 2024
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Pembangunan venue Martial Arts (seni bela diri) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 sudah mencapai 37 persen. Venue ini ditargetkan rampung pembangunannya pada awal Desember 2023.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Venue Martial Arts ini merupakan bagian Sport Centre Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deliserdang. Saat ini pihak kontraktor sedang melakukan percepatan pembangunan venue yang akan menjadi tempat perhelatan cabang olahraga (Cabor) bela diri di PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

"Untuk venue Martial Arts progresnya 37 persen dan kita minta percepatan agar awal Desember sudah selesai," ucap Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Baharuddin Siagian di Kantornya, Jalan William Iskandar, Kabupaten Deli Serdang, Minggu 6 Agustus 2023.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Baharuddin juga menjelaskan, venue Martial Arts sudah sesuai dengan kebutuhan Cabor, antara lain Wushu, Taekwondo, Karate, Pencak Silat dan lainnya. Baharuddin memastikan pihak kontraktor sudah memiliki kesepakatan baik dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta pengurus Cabor terkait.

Progres Pembangunan Venue Martial Arts untuk PON 2024

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

"Ini sesuai dengan standar yang diusulkan masing-masing Cabor Martial Arts, misalnya jenis matras, panjangnya dan lain sebagainya, jadi akan sesuai standar," kata Baharuddin.

Selain Martial Arts, proyek yang sedang berjalan di Kawasan Sport Centre Sumut yaitu Stadion Madya Atletik. Proyek ini ditangani PP Induk, kemudian September pembangunan stadion utama akan dimulai.

"Tahap pertama itu Martial Art dan Stadion Madya Atletik, kemudian bulan depan stadion utama, sesuai keterangan PUPR targetnya selesai Agustus 2024," kata Baharuddin.

Lebih terperinci, Project Manager PP Urban Romdhoni menjelaskan, progres 37 persen tersebut antara lain persiapan lahan dan struktur bawah. Saat ini, PP Urban sedang mengerjakan struktur atas.

"Kita design and build, jadi ada perancangan, persiapan dan struktur, struktur bawah sudah selesai, yang cukup memakan waktu itu penyiapan lahan, karena kita harus menimbun cukup banyak, sekarang kita kerjakan struktur atas kemudian atap," kata Romdhoni, di ruang rapat pembangunan venue Martial Art Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deliserdang, Minggu 6 Agustus. 

Dalam proyek ini, pihak PP Urban juga melibatkan masyarakat setempat baik untuk pengerjaan ataupun logistik. PP Urban merekrut beberapa pekerja dari lokal begitu juga untuk material.

"Kita juga merekrut pekerja lokal bahkan ada juga karyawan, kalau penyedia material dan juga pengelola kantin juga lokal, selain itu kita juga salurkan CSR untuk anak yatim di sekitar sini," tambah Romdhoni.

PON XXI 2024 Aceh-Sumut rencananya akan digelar awal September 2024. Sumut kebagian 34 Cabor dan upacara penutupan PON 2024 yang akan dilangsungkan di Stadion Utama Sport Centre Sumut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya