Resmi, Ini 11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 

Pemain Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden
Sumber :
  • FIBA Basketball

VIVA – PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) telah memutuskan jumlah pemain yang akan dibawa ke Syria untuk hadapi Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Jumlahnya ada 11 nama.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

Mereka adalah Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Althof Dwi Satrio, Mohamad Arighi, Juan Laurent, Kelvin Sanjaya, Marques Bolden, dan Hendrick Xavi Yonga. Kemudian ada pemain pendatang baru di Timnas Indonesia untuk ajang internasional, Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna.

Milos Pejic sebagai pelatih kepala dengan Yohannis Winar dan Wahyu Widayat Jati sebagai asisten.

Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Israel di Olimpiade 2024, Bisa Ketemu Argentina

Menurut Manager Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso, 11 pemain ini akan terbang ke Syria pada 9 Agustus 2023. Penerbangan dilakukan ke Lebanon kemudian lanjut dengan travel menggunakan bus via Beirut ke Damaskus.

"Perjalanan darat kutang lebih dua jam. Estimasinya para pemain akan sampai di Lebanon jam 9 malam," terang Jeremy. 

2 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Lanjut Jeremy, perjalanan ke Syria ini adalah langkah pertama bolabasket Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris. Jika menang dalam Pra Kualifikasi Olimpiade ini, Timnas Indonesia akan lolos ke babak Kualifikasi Olimpiade tahun depan sebagai perwakilan Asia.
 
"Ini kompetisi penting untuk kita," terang Jeremy. 

Jeremy menjelaskan terkait nama-nama yang dipanggil dalam ajang ini. Saat ini, mereka adalah pemain terbaik yang pas untuk bawa nama Indonesia di Syria menyusul banyaknya pemain cedera.

Di saat yang sama, regulasi hanya membolehkan setiap kontestan diperkuat satu pemain naturalisasi.
 
"Banyak pemain alami cedera dan beberapa ada yang halangan karena alasan personal. Pemain dengan status cedera seperti Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih sedang jalani operasi lasik," jelasnya.

"Kemudian ada beberapa pemain sedang ada kegiatan personal. Jadi berhalangan hadir di Pra Kualifikasi ini. Namun dengan kondisi ini, menjadi kesempatan bagi para pemain yang sebelumnya belum dipanggil Timnas untuk ajang internasional menunjukkan diri," lanjutnya.

Dalam komposisi pemain yang dibawa ke Syria ini, ada beberapa nama yang baru masuk Timnas hadapi ajang internasional. Mereka adalah Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara.

"Ajang ini momentum pemain yang belum pernah dipanggil timnas seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara untuk memberikan kontribusi dan memperlihatkan kemampuan di level internaisonal,” terang Jeremy.

Di Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Zona Asia dibagi dua grup. Indonesia berada di Grup B bersama Syria sebagai tuan rumah, Kazakhstan, dan Saudi Arabia. Sementara di Grup A ada Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.(*)

11 Pemain ke Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 di Syria
1.Yudha Saputera 
2.Widyanta Putra Teja
3.Antoni Erga
4.Althof Dwi Satrio
5.M Arighi
6.Reza Guntara 
7.Pandu Wiguna 
8.Juan Laurent 
9.Kelvin Sanjaya
10.Hendrick Xavi Yonga
11. Marques Bolden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya