Rayakan Dies Natalis ke-60, IPB Gelar Run Half Marathon dan Fun Bike

Konferensi pers IPB Run Half Marathon
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

BOGOR – Setelah sukses tahun 2022, Himpunan Alumni IPB (HA IPB) bersama IPB University kembali menyelenggarakan, IPB Run Half Marathon II & IPB Cycling 60K Bike 2023, 8 Oktober 2023 mendatang. Sekaligus menyemarakkan Dies Natalis IPB ke60.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Ketua Umum, DPP HA IPB, Walneg S Jas menyampaikan, cara ini merupakan salah satu program unggulan HA IPB sekaligus sebagai jembatan silaturahmi bagi alumni dengan komunitas runners dan masyarakat umum.

Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan di antaranya mendukung pola hidup sehat dan menyatu dengan alam serta menyelamatkan lingkungan. Lebih memperkenalkan IPB secara lebih dekat kepada masyarakat umum di mana IPB merupakan episentrum pengembangan kemajuan agro maritim di Indonesia dan kawasan global.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Peduli dengan pendidikan Indonesia, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang waras dan yang berpendidikan. Pendaftaran pesetra akan kami kontribusikan untuk beasiswa, seperti tahun sebelumnya memberikan Rp3 miliar untuk mahasiswa," kata Walneg S Jas dalam konferensi pers di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Minggu 13 Agustus 2023.

IPB adalah kampus memiliki ciri khas tidak melihat mahasiswanya berdasarkan penghasilan orang tuanya. Sehingga banyak mahasiswa IPB yang memiliki akademik yang bagus namun terkendala finansial.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

"Ada siswa yang diterima menjadi mahasiswa IPB untuk datang saja dari rumahnya ke sini, transportasi saja tidak punya, jangankan untuk bayar UKT untuk datang saja tidak punya. Untuk itu mereka yang diterima kita jemput bola. Dan ada 210 orang yang kami bantu untuk membayar UKT dan kebutuhannya," jelasnya.

Sukma Kamajaya, Sekretaris Jenderal Himpunan Alumni IPB menambahkan bahwa Pada tahun 2023 ini dibandingkan tahun sebelumnya terdapat penambahan kategori Half Marathon (21 K), selain kategori 5 K dan 10 K.  Penambahan kategori half marathon berdasarkan masukkan dari para peserta tahun lalu dan untuk lebih mengoptimalkan para pelari menikmati alam, dan fasilitas yang ada di Kampus IPB Dramaga. Kegiatan ini juga turut mendukung program beasiswa bagi para mahasiswa / I IPB University, di mana para pelari yang berasal dari Keluarga Besar IPB University dapat berpartisipasi di dalam program beasiswa pada saat mengisi link pendaftarannya.

Pada IPB Run Half Marathon kali ini, panitia menargetkan 2500 – 3000 peserta. Afrizal, Ketua panitia IPB Run Half Marathon optimis target ini dapat tercapai mengingat lari saat ini menjadi gaya hidup sehat dikalangan para alumni dan Masyarakat pecinta olahraga. Pelaksanaan IPB Half Marathon akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 8 Oktober 2023 bertempat di Kampus IPB Dramaga.

Selain IPB Run Half Marathon, akan dilaksanakan juga HA IPB Fun Bike dengan rute sejauh 60 KM, menurut Linda Oktaviani Ketua HA IPB Fun Bike, Start akan dimulai di Kampus IPB Dramaga, Cibinong, Baranangsiang dan finish di Kampus IPB Dramaga. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 September 2023

Proses pendaftaran sangat mudah, para runner dan rider bisa klik sportshaipb.id dan tinggal mengisi form pendaftaran di website tersebut. Periode pendaftaran mulai tanggal 1 – 31 Agustus 2023.

Penyelenggaraan IPB RUN Half Marathon dan HA IPB Fun Bike tahun 2023 ini HA IPB dibantu oleh EO PT 106 yang merupakan Kumpulan dari para alumni IPB.

Rektor IPB University dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor bidang konektivitas global, Kerjasama dan alumni Prof Iskandar Siregar menyampaikan apresiasi  Himpunan Alumni IPB yang kembali menyelenggarakan event IPB Run Half Marathon dan HA IPB Fun Bike sebagai bagian dari memperkenalkan IPB kepada Masyarakat dan ikut serta dalam Gerakan gaya hidup sehat. Selain itu, acara ini merupakan kegiatan sosial yang bertujuan membantu adik mahasiswa yang baru masuk ke Kampus IPB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya