Panglima TNI Lepas Tim Bersepeda di Medan, Rute Sabang-Jakarta Tempuh Jarak 3.141 Km

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono hadiri The Rising Tide 2023 di Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Medan – Panglima TNI, Jendral Laksamana Yudo Margono melepas 'The Rising Tide' di Lapangan Benteng, Kota Medan, Sabtu 9 September 2023. Tim bersepeda ini, memiliki misi kampanyekan menjaga lingkungan dari sampah, melalui perjalanan Sabang-Jakarta, sejauh 3.141 kilometer (km).

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Kegiatan The Rising Tide merupakan gerakan kampanye stop wariskan sampah. Gerakan ini Perjalanan dilakukan oleh enam personel TNI. Medan merupakan titik kedua setelah Sabang. Setelah Medan, rombongan tersebut akan bergerak ke Kota Padang hingga nanti berkakhir di Jakarta. 

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengatakan, perjalanan dimulai 1 September 2023, lalu dari titik start Sabang, dengan peserta ditargetkan akan tiba di Jakarta pada Hari Ulang Tahun TNI, pada 5 Oktober 2023.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Yudo menjelaskan bahwa perjalanan tersebut, bertujuan untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan. Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang kerap masih terjadi.

"Perjalanan ini mengajak masyarakat menjaga lingkungan khususnya dari sampah, intinya program menjaga lingkungan, sampah yang menjadi permasalahan kita semua, kami bersama TNI dan jajaran bersama sama membantu pemerintah dari sampah," jelas Yudo. 

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono hadiri The Rising Tide 2023 di Medan

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Pada sesi ini Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan gerakan The Rising Tide 2023 ini terdiri dari tim yang membawa pesan #STOPWARISKANSAMPAH. 

"Kampanye Stop Wariskan Sampah memiliki tujuan utama mengajak semua masyarakat Indonesia dalam menjaga lingkungan khususnya terkait pengelolaan sampah yang berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang bersih," ucap Panglima.

Menurut Yudo Margono, dirinya hadir di Medan untuk melepas tim Gerakan kampanye The Rising Tide yang telah bergerak dari Sabang dan hari ini tiba di Medan dan dilepas menuju ke Padang. Kemudian, nanti sekitar tanggal 5 Oktober bertepatan dengan HUT TNI bisa sampai Jakarta. 

Yudo mengatakan kampanye Stop Wariskan Sampah mengajak semua masyarakat menjaga lingkungan khususnya dari sampah. 

"Terutama generasi muda ayo dari sekarang menjaga lingkungannya dari sampah, sampaikan kepada orang tua setelah kegiatan ini bahwa pentingnya jaga lingkungan," kata Yudo.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin mengapresiasi kegiatan menjaga lingkungan. Diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Permasalahan lingkungan ini masalah bersama, mari bergerak bersama mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya sampah ini," kata Hassanudin, usai pelepasan peserta Rising Tide di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kota Medan.

Hassanudin pun mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan terus bersinergi dengan seluruh pihak untuk mengatasi permasalahan lingkungan seperti sampah. Menurutnya mengatasi permasalahan sampah mesti dilakukan bersama dan berkesinambungan tanpa terkecuali. 

"Kami (Pemprov) senantiasa mengajak seluruh pihak untuk bersama sama mengatasi permasalahan lingkungan, terutama sampah," kata Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya