BMX Indonesia Borong Medali di Asian Games 2023, Gagalkan Ambisi China

Amellya Nur Sifa dan Jasmine Azzahra Setyobudi
Sumber :
  • Dok. PB ISSI

China – Indonesia mendapat tambahan satu medali emas dan satu medali perunggu Asian Games 2023 Hangzhou dari cabang olahraga balap sepeda disiplin BMX putri, Minggu 1 Oktober 2023.

Hasil Perempat Final Uber Cup 2024: China dan Jepang Melenggang

Amellya Nur Sifa mendapatkan medali emas saat turun di final Moto 3. Tiga poin di run pertama didapatkan setelah mencatatkan waktu 44,065 detik. Pada run kedua, dia mendapatkan dua poin berkat catatan waktu 43,290 detik, dan catatan waktu 43,918 detik di run ketiga membuatnya mendapat tambahan satu poin.

Medali perunggu Asian Games 2023 Hangzhou dipersembahkan oleh Jasmine Azzahra Setyobudi pada kesempatan ini. Dia berada di bawah atlet tuan rumah, Gu Quanquan.

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

BMX Indonesia di Asian Games 2023 Hangzhou

Photo :
  • Dok. PB ISSI

“Memang tadi kita melihat bahwa persaingan di putri cukup ketat, di mana dua pebalap China dan dua pebalap Indonesia saling berdekatan poin. Di final moto 3 kami mempersiapkan strategi yang cukup matang,” kata Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haris Poernomo. 

Sudah Bisa Dipesan, Wuling Cloud EV Berlimpah Fitur Modern

Dadang mengatakan, sangat jelas terlihat China mengincar medali emas dan perak pada disipilin BMX putri ini. Strategi tersebut sudah bisa dibaca tim pelatih, dan mencari cara bagaimana bisa menggagalkan target China.

“Kita tidak mau kalah dan diam. Kita atur strategi Sifa dan Jasmin untuk supaya di tempatkan di gate yang tepat untuk menghadapi dua pebalap China. Dan betul, Alhamdulillah Jasmin dan Sifa bisa menjalankan perintah dengan baik dan selama perlombaan mereka tidak ada kendala, cukup lancar semuaya dilalui dengan baik.”

BMX Indonesia di Asian Games 2023 Hangzhou

Photo :
  • Dok. PB ISSI

“Semua obstacle dihadapi dengan sangat bagus dan ternyata strategi ini bisa menghambat laju China untuk mendapatkan medali emas dan perak,” jelas Dadang. 

Medali emas dan perunggu Asian Games 2023 memperbaiki catatan BMX di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Ketika itu Indonesia mendapat satu perak melalui I Gusti Bagus Saputra, dan satu perunggu melalui Wiji Lestari.

“Terima kasih atas semua dukungan dan suport yang begitu banyak dari Ketua Umum kami, Jendral Polisi Listyo Sigit yang selma ini begitu banyak memberikan spirit kepada kami dan tim balap sepeda Indonesia. Alhamdulillah kita bisa memperbaiki prestasi yang diraih di Asian Games 2018 melalui pebalap muda kita,” ungkap Daadang. 

“Tidak lupa untuk seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung dan mendoakan kami. di mana pejuang pahlawan olahraga ini berjuang di Asian Games 2022 Hangzhou."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya