Kejurnas Senam 2023 Berlangsung Sukses, DKI Jakarta Juara Umum

Kejurnas Gimnastik PB Persani
Sumber :
  • PB Persani

VIVA – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gymnastics 2023 yang diselenggarakan di GOR Senam Nusantara, Surabaya, Jawa Timur telah rampung diselenggarakan dengan sukses pada Kamis malam19 Oktober 2023.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Ajang yang sekaligus menjadi kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 pun telah menjaring nama-nama atlet yang bakal tampil yang bakal diumumkan segera oleh Pengurus Besar Pesatuan Senam Seluruh Indonesia.

Selama dua hari penyelenggaraan 18-19 Oktober, Pengprov Persani DKI Jakarta tampil sebagai juara umum dengan menyabet 12 emas, 6 perak dan 8 perunggu.

Raih Tiga Medali Emas, Ygritte Gara Harumkan Indonesia di Event Bangkok Gymnastics Invitational 2024

Mereka unggul atas tuan rumah Jawa Timur di posisi kedua yang mendapat 4 emas, 7 perak dan 7 perunggu serta Riau yang meraih 3 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

Ketua PB Persani Ita Yuliati bersyukur event National Gymnastics Championship 2023 berjalan lancar. Hasil dari kejuaraan ini nantinya akan menentukan atlet yang akan lolos menuju PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. 

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

"Tadinya Gymnastics hanya mendapatkan 110 kuota untuk PON, tapi kami mengajukan tambahan kepada KONI Pusat, dan diberikan. Total ada 114 atlet yang terkualifikasi di ajang ini untuk tampil di PON XXI. Saya memang berharap semakin banyak yang lolos, tapi saya juga berpesan kepada semua atlet terutama yang belum lolos jangan putus asa. Masih ada kesempatan di PON yang akan datang, dan tentunya masih akan banyak lagi kegiatan lain," kata Ita.

Dalam kesempatan itu, Ita juga memberi apresiasi khusus kepada pelatih yang tidak kenal lelah membina atlet di daerah-daerah. Dari hasil pembinaan, ia melihat kompetensi dari setiap pengprov kini semakin maju dan berkembang.

"Saya salut dan apresiasi kepada para pelatih. Tanpa pelatih yang andal tidak mungkin atlet-atlet ini akan mendapatkan prestasi terbaik," tuturnya.

Lebih lanjut, Ita juga berterima kasih kepada pihak yang turut menyukseskan acara. Mulai dari seluruh panitia yang telah bekerja keras serta juri yang berdedikasi menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. 

"Terima kasih juga kepada sponsor dari PT Taspen, PT Pegadaian, Petrokimia, RS Petrokimia, RS Premier, Kemenpora, dan tidak lupa yang saya mengucapkan apresiasi pada Dispora dan Pengprov (Persani) Jawa Timur. Terima kasih banyak atas seluruh dukungannya," kata Ita.

Di sisi lain, Ita menginformasikan sudah ada satu daerah yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Kejurnas Gymnastics tahun depan, yaitu Sumatera Barat. "Mudah-mudahan (tahun depan) kita bisa jalan-jalan ke Sumatera Barat."


Klasemen Perolehan Medali (Akumulasi dari Artistik, Ritmik, Aerobik)

Posisi            Emas    Perak    Perunggu    Total    

1. DKI Jakarta        12    6    8         26

2. Jawa Timur         4    7    7        18    

3. Riau            3    4    2        9        

5. Lampung        3    4    0        7        

3. Jambi        2    2    2        6

4. Sumatera Selatan    2    0    1        3                    

6. Jawa Tengah    1    2    1        4            

5. Sulawesi Selatan    0    2    1        3    

8. Jawa Barat        0    0    5        5

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya