Usai Haornas, Kemenpora Kembali Lakukan Kolaborasi di Ajang HSP ke-95 2023

Menpora Dito
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Kemenpora terus berperan aktif dalam kemajuan olahraga dan kepemudaan Indonesia. Setelah berkolaborasi di Hari olahraga Nasional (Haornas 2023), Kemenpora berkolaborasi untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda (HSP).

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Setelah ditetapkannya menjadi hari libur nasional melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menag, Menaker dan Men PAN RB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) pada tanggal 28 Oktober 2023 ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Terlebih dalam perayaan HSP ke-95 ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah komando Menpora Dito Ariotedjo yang menjadi leading sector kegiatan, berkolaborasi dengan Rizky 'Ucup' Aulia, sosok yang sukses menggelar ajang Pestapora sebelumnya, yakni ajang festival musik di kawasan Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran Jakarta selama tiga hari pada bulan September lalu yang menghadirkan hampir 100 ribu orang.

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Sebagai tambahan informasi, digelarnya Pestapora oleh Rizky 'Ucup' Aulia selama tiga hari di kawasan Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran Jakarta lalu itu tanpa dilatarbelakangi penggunaan uang APBN, namun memaksimalkan kolaborasi dengan puluhan sponsor.

Meski demikian, sebelumnya Kemenpora juga sukses menggelar rangkaian bulan pemuda menuju HSP ke-95 bertajuk Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman kantor Kemenpora yang menjadi ajang silaturahmi serta menguatkan kolaborasi dan sinergi dibidang kepemudaan yang melibatkan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) maupun komunitas kepemudaan. 

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Acara puncak Festival Pemuda Indonesia yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu lalu (14-15/10/2023) itu, di isi dengan kegiatan seminar, stand-up comedy, penampilan grup vokal, serta penampilan konser grup band Ungu, serta hadirnya para UMKM yang bersiap tidak lagi menjadi usaha mikro, kecil dan menengah, namun lebih dikenal masyarakat dan menjadi besar melalui ajang tersebut yang sangat relevan dengan anak muda.

"Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini saya mengajak seluruh stakeholder untuk bergotong-royong membuat kegiatan sekaligus gerakan kepemudaan dari di pusat hingga di daerah secara partisipatif, inklusif dan kolaboratif selama bulan Oktober, dan seterusnya. Nilai-nilai gotong royong dan tolong menolong harus tetap dilestarikan dan dijadikan sebagai pondasi character building," ungkap Menpora Dito.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 ini akan berpusat di Monumen Nasional (Monas) panggung-panggungnya bernuansa IKN dengan menambil tema Bersama Bangun Indonesia. Yakni kolaborasi antar Kementerian/Lembaga, Pusat dan Daerah serta stakeholder lainnya sebagai pengejawantahan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2022 Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Dipilihnya Monas dalam peringatan HSP ke-95 ini bukannya tanpa alasan, namun sebagai simbol semangat untuk meraih kejayaan Emas menuju 2045 Indonesia Maju, sehingga dapat dipahami makna dari Perpres Nomor 43 Tahun 2022 itu adalah kolaborasi, karena tanpa kolaborasi dari berbagai kekuatan indeks pembangunan pemuda tidak akan terwujud

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya