Piala Presiden Esports: Babak Main Event Bergulir di Tennis Indoor

Piala Presiden Esports
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Piala Presiden Esports 2023 bakal memasuki babak Main Event pada 21-22 Oktober mendatang. Dengan mengusung tema 'Esports Untuk Negeri' di setiap edisi gelarannya, Piala Presiden Esports diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi seluruh kalangan mulai dari pemain amatir hingga profesional untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi membanggakan melalui esports.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selain itu, segudang lapangan pekerjaan juga tersedia dari perkembangan esports di Indonesia, baik sebagai atlet profesional maupun kru yang bekerja di balik layar. Hal itu menjadi salah satu upaya dari Piala Presiden Esports untuk terus mencetak talenta baru dalam ekosistem esports tanah air.

Dalam konferensi pers jelang babak Main Event Piala Presiden Esports 2023 yang digelar Jumat 13 Oktober 2023, Ketia Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Debora Imanuella, mengatakan bahwa Piala Presiden Esports yang dihelat oleh pemerintah Republik Indonesia memiliki peran penting dalam regenerasi atlet di Indonesia.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

"Piala Presiden Esports memiliki peran yang sangat penting dalam memacu perkembangan dan kemajuan esports di Indonesia, baik prestasi, industri gim lokal, maupun ekosistemnya," kata Debora.

"Piala Presiden Esports juga berkontribusi dalam mendukung proses regenerasi atlet. Kontribusi tersebut sangat kritikal dan sangat diperlukan untuk proses regenerasi guna melahirkan talenta-talenta esports baru yang berpotensi menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi tertinggi di kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional di masa mendatang," ujar Debora.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Senada dengan PB ESI, Ketua Penyelenggara PIala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, mengatakan jika Piala Presiden Esports mengemban misi sebagai panggung untuk pengembangan gim asal Indonesia dengan menunjukkan hasil karyanya. Ia juga mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya jumlah gim lokal lebih banyak dari gim besutan developer asing.

“Kami sangat bangga bisa kembali bekerja sama dengan Lokapala dan Battle of Guardians,sebagai dua gim lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023," kata Rangga.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal di Piala Presiden Esports lebih banyak dari gim garapan developer mancanegara. Semoga Piala Presiden Esports bisa menjadi katalis untuk mewujudkan harapan dari pemerintah Indonesia yang ingin membuat gim lokal menjadi raja di pasar gim dalam negeri,” ujar Rangga.

Setelah melalui berbagai babak kualifikasi, kejuaraan Piala Presiden Esports 2023 akan menggelar babak main event yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan pada 21-22 Oktober 2023. 

Beberapa cabang game siap dipertandingkan dalam puncak acara tersebut, mulai dari MobileLegends: Bang Bang (MLBB), MLBB Women, hingga dua gim lokal yaitu Lokapala dan Battle of Guardians. Total hadiah mencapai Rp2 miliar menjadikan Piala Presiden Esports 2023 sebagai salah satu turnamen non-publisher paling prestisius di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya