Peringati Hari Bela negara, Gibran Tunjuk Atlet Difabel Peraih Medali Emas jadi Irup

Gibran Rakabuming Raka dan atlet asal Solo Ana Widyasari
Sumber :
  • Fajar Sodiq (Solo)/ VIVA

SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menunjuk Ana Widyasari, atlet asal Solo peraih medali emas ASEAN Para Games 2022 menjadi pembina upacara peringatan Hari Bela Negara  ke-75 Tahun 2023 di Halaman Balai Kota Solo, Selasa, 19 Desember 2023. Kehadiran calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua itu didampingi istri tercinta, Selvi Ananda.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Upacara peringatan Hari Bela Negara yang dibarengkan dengan peringatan Hari Ibu yang jatuh 22 Desember mendatang itu dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istri, serta Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan sejumlah Forkompinda Kota Solo. Selain para tamu undangan, para peserta upaca yang hadir juga mengenakan busana adat daerah.

Gibran dan wakilnya terlihat mengenakan pakaian ada beskap jawa jangkep. Sedangkan Selvi Ananda mengenakan busana kebaya kutu baru bermotif bunga. Dalam upacara itu Gibran dan wakilnya hanya duduk di kuri tamu, sedangkan yang bertugas menjadi inspektur upacara atelt difabel asal Solo yang meraih medali emas di ASEAN Para Games 2022.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Pertama kalinya menjadi inspektur upacara di depan ratusan ASN Pemkot Solo yang menjadi peserta upacara, Ana yang mengenakan busana adat dari Sumatera Barat itu mengaku grogi. Lantaran baru pertama kali jadi wajar kalau atlet para tenis meja itu melakukan kesalahan saat menjadi pemimpin upacara.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

“Grogi banget,” kata Ana ketika ditemui usai upacara di Balai Kota Solo, Selasa, 19 Desember 2023.

Persiapan untuk menjadi inspektur upacara hanya dilakukan dua kali latihan. Padahal sebelumnya belum pernah sama sekali didaulat untuk menjadi inspektur upacara. Meski demikian, dia mengaku bersyukur telah berhasil menjalani tugasnya menjadi pembina upacara.

“Cuma dua kali latihan, kemarin sama tadi padi. Ini pengalaman pertama,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan selain menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara, pada hari ini juga menggelar upacara peringatan Hari Ibu. Lantaran Hari Ibu, pihaknya ingin menonjolkan perempuan-perempuan hebat yang ada di Solo.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Fajar Sodiq (Solo)/ VIVA

“Keterlibatan kaum perempuan kan luar biasa sekali di Solo, baik masalah stunting, masalah UMKM dan hari ini ada atlet tenis meja yang berprestasi peraih medali emas (ASEAN Para Games),” kata dia.

Seperti diketahui dalam beberapa upacara akhir-akhir ini, Gibran selalu menunjuk inspektur upacara dari luar ASN Pemkot Solo seperti halnya dari Ketua Bawaslu, Legiun Veteran Republik Indonesia. “Dan hari ini kita pilih atlet para games peraih medali  emas,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya