Dimulai Akhir Pekan Ini, Berikut Jadwal Laga Pembuka IBL 2024

Prawira Bandung juara IBL 2023
Sumber :
  • ANTARA/tangkapan layar

Jakarta – Indonesia Basketball League (IBL) musim 2024 dimulai Sabtu 13 Februari 2024 dan pertandingan pembuka 
dijadwalkan pada pukul 15.00 WITA di GOR Purna Krida Badung Bali, mempertemukan Bali United Basket dan Amartha Hangtuah Jakarta.

Kunci Pelita Jaya Bekap Prawira Bandung dan Lolos Putaran Final BCL Asia

Menurut jadwal pertandingan yang dirilis laman resmi IBL, Jumat, gim kedua akan digelar pukul 16.00 WIB antara Pacific Caesar Surabaya yang menjamu tim debutan IBL asal Sumatera Rajawali Medan di GOR Pacific Caesar Surabaya.

Gim ketiga di hari Sabtu menyajikan pertandingan Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Borneo Hornbills yang digelar di Hall Basket komplek olahraga Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada pukul 18.00 WIB.

Ada Pelita Jaya, Ini 4 Tim yang Lolos ke Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia di Jakarta

Pelita Jaya vs Satria Muda

Photo :
  • iblindonesia

Laga pamungkas di hari pembukaan IBL 2024 tersebut ditutup dengan pertandingan ulang partai final IBL 2023 antara Prawira Harum Bandung melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang digelar di C-Tra Prawira Arena Bandung, pukul 20.00 WIB.

Susul Pelita Jaya, Prawira Harum Bandung Tembus Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia

Pada hari Minggu (14/1), seluruh tim yang menyelenggarakan laga kandang akan kembali bertanding dengan menjamu tim yang berbeda.

Bali United akan menjamu tim asal Yogykarata Bima Perkasa Jogja pada gim pertama pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA. Pacific Caesar Surabaya giliran menerima kunjungan Tangerang Hawks Basketball Club di gim kedua pukul 16.00 WIB.

SM kembali bertanding dengan tim yang sedang menggebu-gebu untuk juara yaitu Dewa United Banten di GBK Senayan pukul 18.00 WIB. Sedangkan juara bertahan akan mengakhiri pertandingan IBL pekan pertama melawan tim asal solo yang baru berganti nama yaitu Kesatria Bengawan Solo pada pukul 20.00 WIB.

Pertandingan IBL musim 2024 dilakukan dengan format laga kandang dan tandang. Hal ini berbeda dengan IBL musim 2023 dan sebelumnya yang menganut sistem series turnamen di sejumlah kota.

Pada sistem series yang berlangsung di beberapa kota, tim-tim IBL bertanding selama satu pekan penuh pada seri-seri tersebut. Namun pada format kandang dan tandang, tim-tim basket IBL hanya akan bertanding di akhir pekan mulai dari Sabtu hingga Minggu.

Sebanyak 14 tim basket akan berkompetisi di IBL 2024. Terdapat beberapa perubahan klub seperti pergantian nama, kota, dan lisensi terjadi di musim mendatang.

Bumi Borneo Basketball kini berganti nama sebagai Borneo Hornbills. Selain itu, Rans Pik Basketball berpindah homebase dan kini menjadi Rans Simba Bogor. Lalu Evos Thunder Bogor berganti lisensi dan menjadi Rajawali Medan.

Ke-11 tim lain menjadi peserta IBL 2024 adalah Satria Muda, Pelita Jaya, Prawira Bandung, Dewa United, Bima Perkasa, Bali United, Tangerang Hawks, Hangtuah, Pacific, dan Satya Wacana, Kesatria Bengawan Solo.

Pada musim lalu. Prawira Harum Bandung keluar sebagai juara IBL 2023 setelah menunggu selama 25 tahun lamanya seusai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor akhir 63-58 pada gim kedua final IBL yang digelar di GOR C-Tra Arena Bandung. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya