Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Ilustrasi pejalan kaki.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk penderita asam urat. Olahraga ini termasuk ke dalam olahraga yang "ramah sendi", sehingga tidak terlalu membebani sendi dan dapat membantu mengurangi risiko cedera.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Selain itu, jalan kaki juga memiliki berbagai manfaat lain yang dapat membantu penderita asam urat. Jika Anda menderita asam urat, maka harus tahu jenis olahraga untuk penderita asam urat yang mampu meredakan serangan atau rasa sakit di sendi.

Beberapa gejala asam urat yang paling sering termasuk serangan rasa sakit yang hebat, pembengkakan yang signifikan, dan nyeri sendi yang ekstrem. Ini sering terjadi di pangkal jempol kaki.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Photo :
  • Pexels/EVG photos

Serangan ini dapat terjadi kapan saja, siang atau malam, membuat jempol kaki terasa seperti terbakar. Artikel ini akan mengeksplorasi apakah aman untuk berjalan dengan asam urat. Kami juga akan membahas hal lainnya, seperti cara mengelola, mengobati, dan mencegah kondisi ini.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Pengertian Asam Urat

Asam urat sendiri adalah jenis umum dari radang sendi yang menyakitkan. Seringkali hanya mempengaruhi satu sendi pada satu waktu (seringkali sendi jempol kaki). Ada periode ketika gejala memburuk, disebut sebagai flare, dan saat tidak ada gejala, disebut sebagai remisi.

Artritis gout adalah bentuk artritis degeneratif yang disebabkan oleh serangan asam urat yang berulang. Sayangnya, tidak ada obat untuk asam urat saat ini. Namun, itu dapat diobati dan dikelola secara efektif menggunakan obat-obatan dan teknik manajemen diri.

Penyakit asam urat yang khas dapat bertahan hingga dua minggu, meskipun obat antiinflamasi dapat membantu Anda merasa lebih baik lebih cepat.

Penyebab Asam Urat

Purin adalah bahan kimia yang dipecah tubuh dan ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman. Sebagai konsekuensi dari pemecahan purin, asam urat diproduksi.

Beberapa ginjal orang tidak mampu mengeluarkan asam urat dari tubuh secara efisien. Hal ini menyebabkan hiperurisemia atau peningkatan asam urat. Psoriasis, leukemia, dan obesitas adalah beberapa alasan lain untuk hiperurisemia.

Kristal monosodium urat membutuhkan hiperurisemia untuk berkembang. Kristal-kristal ini dapat menumpuk di persendian, menyebabkan pembengkakan dan nyeri. Namun, hiperurisemia belum tentu menyebabkan asam urat.

Ada berbagai faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan asam urat. Ini beberapa contohnya:

  • Kelebihan berat badan
  • Menderita tekanan darah tinggi
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya purin
  • Memiliki riwayat keluarga gout
  • Makan minuman sirup jagung fruktosa tinggi

Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Photo :
  • Pixabay

Penyebab Asam Urat di Kaki

50 persen dari semua kasus asam urat dimulai dengan serangan pada sendi bunion jempol kaki pada sebagian besar pasien. Tetapi mengapa demikian? Satu penjelasan menyatakan bahwa itu hanya karena gravitasi, dengan asam yang secara alami mengendap di sendi terjauh dari ekstremitas bawah: jempol kaki.

Penjelasan lain adalah karena kaki dan jari kaki adalah bagian tubuh yang paling jauh dari jantung, di mana suhu tubuh lebih rendah karena sirkulasi, persendiannya lebih rentan terhadap produksi kristal asam. Ini menjelaskan mengapa asam urat tampaknya lebih umum di banyak daerah yang lebih dingin.

Seiring waktu, asam urat dapat menyebar secara bertahap ke sendi lain di tubuh, biasanya satu per satu, seperti:

  • Metatarsal: Ini adalah tulang panjang yang melintasi bagian atas kaki.
  • Tarsal: Ini adalah tujuh tulang yang membentuk pergelangan kaki.
  • Tumit (pada kesempatan langka).

Manfaat Jalan Kaki sebagai Jenis Olahraga bagi Penderita Asam Urat

Berjalan adalah strategi yang sangat baik untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan Anda, juga jadi jenis olahraga untuk penderita asam urat terbaik. Hanya 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan tulang, kehilangan lemak tubuh ekstra, serta kekuatan dan daya tahan otot.

Selain itu, jalan kaki dapat membantu menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis dan beberapa penyakit ganas. Berjalan, tidak seperti beberapa jenis olahraga lainnya, gratis dan tidak memerlukan peralatan atau instruksi khusus.

Meski tidak berat atau berlarut-larut, aktivitas fisik dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jalan kaki adalah olahraga berdampak rendah yang dapat dilakukan dengan kecepatan Anda sendiri, merupakan aktivitas 24/7, dan hanya membutuhkan sedikit peralatan.

Anda tidak perlu khawatir tentang bahaya yang terkait dengan beberapa bentuk latihan yang lebih menuntut jika berjalan-jalan di luar. Bagi mereka yang kelebihan berat badan, berusia lanjut, atau sudah lama tidak berolahraga, jalan kaki adalah jenis olahraga yang sangat baik.

Anda mungkin sudah memperhatikan beberapa manfaat yang secara langsung dapat memperbaiki gejala asam urat Anda sebagai pembaca blog kami. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana berjalan secara teratur berpotensi membantu meningkatkan kesehatan dan gaya hidup Anda secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga jalan kaki, penderita asam urat disarankan untuk melakukan olahraga ini secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Intensitas olahraga dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kondisi fisik. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan olahraga jalan kaki bagi penderita asam urat:

  • Mulailah dengan intensitas yang ringan. Jika Anda baru memulai olahraga jalan kaki, mulailah dengan intensitas yang ringan dan perlahan tingkatkan intensitas secara bertahap.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman. Alas kaki yang nyaman dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dan mencegah cedera.
  • Minum banyak air. Minum banyak air dapat membantu menjaga kadar hidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi.
  • Istirahat jika perlu. Jika Anda merasa nyeri, istirahatlah dan lanjutkan olahraga saat nyeri sudah mereda.

Sebelum memulai olahraga jalan kaki, penderita asam urat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi sendi dan mendapatkan rekomendasi intensitas dan durasi olahraga yang aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya