Mantra International Tournament Sukses Digelar: Pebiliar Indonesia Makin Termotivasi

atlet Mantra Pool Academy Silviana Lu
Sumber :
  • Silviana Lu / instagram

VIVA – Turnamen biliar internasional bertajuk ‘Mantra International Tournament 2024’ yang telah diadakan sejak 26 Januari lalu, hari ini rampung diadakan di Mantra Pool Academy, Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.
 
Turnamen yang diikuti sebanyak 128 pebiliar dari 8 negara ini memang masih didominasi oleh para pebiliar dari luar negeri.
 
Laga final pun harus mempertemukan dua pebiliar asal Filipina, yakni Jeffrey Ignacio vs Dennis Orcollo. Duel ini dimenangkan oleh Jeffrey Ignacio.
 
Pelatih kepala Mantra Pool Academy, Muhammad Bewi Simanjuntak mengatakan persaingan dalam ajang internasional yang pertama kali diadakan Mantra ini sangat ketat.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Pelatih kepala Mantra Pool Academy, Muhammad Bewi Simanjuntak

Photo :
  • Istimewa

 
Meskipun demikian, ia melihat adanya sisi positif dari ajang ini, di mana para pebiliar muda Indonesia bisa semakin terasah untuk bersaing dengan pebiliar dunia lainnya. 
“Turnamen ini dibuat tadinya ya tim-tim Indonesia bisa tampil di semifinal dan final ini, tapi memang ya namanya turnamen besar jadi tidak gampang,” kata Bewi di Mantra Pool Academy, Kebayoran Lama, Jakarta.
 
“Artinya apapun bisa terjadi, tapi ini bisa memberikan motivasi yang positif bagi atlet muda biliar Indonesia dengan adanya Mantra Internasional ini tentunya banyak yang kita pelajari dari beberapa pemain-pemain dunia,”

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

“Contoh ada Carlo Biado, ada juga Kazakis dari Greece. Artinya dengan tampilnya mereka kita bisa sedikit mencuri ilmunya untuk kemajuan kita yang jauh lebih baik,” terangnya.
 
Menurut Bewi, turnamen-turnamen nasional dan internasional memang sangat dibutuhkan atlet biliar guna mengasah kemampuan.
 
Untuk itu, terdekat Bewi bakal mengirim anak didiknya di klub Mantra  berlaga di kejuaraan biliar Las Vegas.
 
“Klub mantra ini memang berdiri kurang lebih satu tahun. Alhamdulillah kita ada tujuh atlet, jadi sampai hari ini memang cukup intens memberikan suport turnamen di luar, dalam negeri,” kata Bewi.

“Jadi artinya kita selalu mengikuti event-event tersebut. Inhsa Allah nanti kita akan kirim atlet Silviana Lu sama Punguan Sihombing ke Las Vegas,” ujarnya.
 
Sementara itu, atlet Mantra Pool Academy Silviana Lu yang ikut serta dalam Mantra International Tournament 2024 ini menyatakan persaingan yang tersaji sangat lah ketat.
 
Senada dengan Bewi, menurutnya turnamen ini benar-benar memberikan dampak positif kepada para pebiliar Indonesia termasuk dirinya.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Turnamen biliar internasional bertajuk ‘Mantra International Tournament 2024

Photo :
  • Istimewa

 
Untuk itu, ia berharap makin banyak turnamen biliar skala internasional yang diadakan di Indonesia, dan tentunya Mantra International Tournament yang baru pertama diselenggarakan bisa konsisten diadakan setiap tahunnya.
 
“Persaingan sangat kompetitif sekali ya, di mana kita tahu di sini ada tujuh negara yang ikut dan didominasi dari Filipina juga banyak. Jadi kompetisinya sangat ketat,” kata Silviana Lu.
 
“Kalau dari saya pribadi ini sangat baik karena event ini dibuat dengan atmosfer yang baru, jadi pemain Indonesia kedepannya akan terbiasa dengan suasana pertandingan tingkat internasional,”


 
“Jadi harapan saya kedepannya akan banyak lagi event-event yang diadakan seperti ini khususnya internasional supaya atlet-atlet Indonesia terbiasa.  Untuk turnamen mantra sendiri sebenarnya cukup luar biasa menurut saya karena tidak mudah, tapi mereka tetap berusaha memberikan suasana internasional seperti yang saya ikuti di luar negeri,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya