Polda Sumut Terapkan Teknologi Canggih SOT Amankan F1 Powerboat 2024

Ruang kontrol pengaman penyelanggaraan F1 Powerboat.
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Dalam pengamanan penyelenggaraan F1 Powerboat (F1H2O) 2024 Danau Toba, Satgas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Polda Sumut menurunkan teknologi canggih, dengan penerapan aplikasi SOT Presisi atau Sistem Operasional Terpadu.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi kepada wartawan, Rabu 28 Februari 2024. Dengan aplikasi tersebut, Hadi mengatakan situasi keamanan dapat dipantau selama 24 jam, selama event olahraga internasional itu, berlangsung.

"Dukungan dalam menyukseskan F1 Powerboat berupa pemasangan perangkat videotron, pemasangan perangkat zoom meeting. Kemudian, pemasangan jaringan internet, jaringan astinet, pemasangan dan monitoring Aplikasi SOT Presisi," jelas Hadi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Hadi mengatakan selain itu, juga dilakukan pemasangan lebih dari 40 titik CCTV PTZ diantaranya ditempatkan, seperti venue, pelabuhan, mess Pemprov Sumut, kantong parkir, Taman Balige, Simpang FL Tobing, Pom Bensin, Simpang Gereja, Simpang Jalan Masjid, Bundaran Balige, Simpang Tandang Buhit, Simpang Hotel Mutiara, Simpang By Pass Tambunan dan tempat strategis lainnya.

Serta pemasangan CCTV portable (Venue, Pintu Masuk, Pelabuhan Balige, Simpang Siliwangi, Bundaran Balige, Simpang Jl TD Pardede) dan tempat lainnya.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

"Selain Lebih 40 titik CCTV, Bidang Teknologi Informasi Polda Sumut juga menyiapkan alat komunikasi HT dan puluhan HT Android bagi personel pengamanan untuk memudahkan kendali dan komunikasi," jelas Hadi.

Ruang kontrol pengaman penyelanggaraan F1 Powerboat.

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Selain itu, Hadi menerangkan Polda Sumut juga memasang perangkat Repeater Mobile di Bukit Tara Bunga. "Perangkat mobile sistem juga kita siapkan agar F1 Powerboat berjalan aman, nyaman di kawasan Danau Toba," kata Hadi.

Di sisi lain, Polda Sumut juga melakukan gladi pengamanan event balapan motor perahu ini, yang digelarnya apel pasukan gabungan bertempat di halaman Kantor Bupati Toba.

Sementara itu, Direktur Pamobvit Polda Sumut, Kombes Pol Parhorian Lumbangaol, menyampaikan kepada personel yang terlibat pengamanan F1 Powerboat agar memahami problem solving yang terjadi di lapangan.

"Hari ini dilaksanakan gladi pengamanan di pos masing-masing. Diharapkan kepada perwira pengendali untuk merespon awal apabila ada situasi-situasi yang tidak diharapkan saat F1 Powerboat," katanya saat memimpin apel pasukan gabungan.

Ia mengungkapkan, penempatan personel pada tugas yang sudah ditetapkan dimohon pada saat pelaksanaan giat untuk lebih dimaksimalkan.

"Pelaksanaan apel ini untuk mengetahui kelengkapan personel yang akan melaksanakan giat pada saat penyelenggaraan event internasional F1 Powerboat 2024," ungkapnya.

Parhorian juga mengingatkan kepada seluruh agar menjaga penampilan serta tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun saat mengamankan F1 Powerboat.

"Mari kita sukseskan F1 Powerboat dalam meningkatkan ekonomi pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara," jelasnya.

Dalam penyelenggaraan F1 Powerboat 2024 Danau Toba, sebanyak 1.170 personel gabungan diterjunkan dalam pengamanan balapan perahu motor ini, yang berlangsung 2-3 Maret 2024.

Untuk diketahui, event F1 Powerboat 2024 ini diikuti 18 peserta dari 10 negara dengan kru sekira 200 orang. Pengamanan akan dilakukan secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya