5 Fakta Mengerikan Usai Rossi Putuskan Pensiun

Valentino Rossi di MotoGP Valencia
Sumber :
  • twitter.com/ValeYellow46

VIVA – Minggu 14 November 2021 jadi salah satu balapan paling 'sakral' di ajang MotoGP 2021. Bagaimana tidak, legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi melakoni balapan terakhirnya, dengan kata lain memutuskan pensiun.

MotoGP Kazakhstan 2024 Batal Digelar Juni Mendatang, Ini Alasannya

Rossi akhirnya mengucapkan kata selamat tinggal, karier balapnya sudah menyentuh angka 26 tahun. Waktu yang cukup lama, dan kini usianya sudah menginjak 42 tahun. 

Valentino Rossi dan kekasihnya, Francesca Sofia Novello.

Photo :
  • Speedweek
Maverick Vinales Temukan Masalah di Motor Aprilia Tunggangannya

Sirkuit Ricardo Tormo, jadi saksi bisu Rossi mengaspalkan motornya untuk kali terakhir di ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini. Jutaan pasang mata tertuju padanya. 

Meski hanya finis di posisi 10 besar, namun itu tak mengurangi riuhan sorakan penonton. The Doctor, begitu julukannya bak jadi juara namanya tak henti disebut dari awal balap hingga akhir. 

Performanya Payah, Johan Zarco Ingin Singkirkan Motor Baru Honda RC213V

Sosok-sosok penting termasuk pembalap mengucapkan salam perpisahan. Salah satunya adalah Fabio Quartararo. Pembalap Monster Energy Yamaha itu memandang Rossi sebagai legenda sekaligus panutan di dalam dan di luar lintasan. Dia pun mengaku akan sulit melihat balapan tanpa adanya Rossi. 

"Sulit untuk melihat ini. Banyak yang bilang dia harus mengundurkan diri dengan hasil yang diraih. Tetapi sekarang saya pikir semua orang ingin dia tetap berada di sini." kata Quartararo, dilansir Speedweek.

"Ini menyedihkan karena dia adalah legenda olahraga. Dia meraih sesuatu yang spesial, dia adalah satu-satunya orang yang menginspirasi saya saat masih kecil. Cara dia merayakan, cara dia menang, kepribadiannya bagi saya dan saya rasa buat kami semua dia adalah idola," ujar Quartararo.

Dan berikut 5 fakta mengerikan di balik Rossi putuskan pensiun, dilansir berbagai sumber: 

1. Di hari terakhirnya balapan, Rossi hanya mampu finis di posisi 10 besar di Sirkuit Tormo. Sementara di posisi pertama ditempati oleh Jorge Martin (Pramac Dicati) diikuti Francesco Bagnia di posisi kedua. 

2. Rossi merupakan satu-satunya pembalap yang bisa merebut gelar juara dunia di empat kelas berbeda yaitu 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP. 

3. Tidak ada pembalap yang bisa menyaingi Messi soal pengalamannya menjajal sirkuit. Dia sudah 38 kali menajajal siruit berbeda.

4. Rossi sudah meraih 115 kemenangan dalam kariernya di Grand Prix, dengan rincian 89 di kelas 500cc dan membuat namanya jadi yang tersukses di nomor dua berna,a AEE.

5. Rossi pernah memegag rekor podium terlama yaitu 23 kali berutun dari tahun 2002 hingga 2004.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya