Profil Sirkuit Mandalika yang Dipakai untuk Gelaran MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Nama Sirkuit Mandalika saat ini tengah menjadi perbincangan hangat, bukan hanya Indonesia tapi dunia. Sebab sirkuit yang dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini telah dipakai untuk ajang gelaran MotoGP. Sebelum itu, Sirkuit Mandalika pertama kali diuji coba untuk seri terakhir dalam balapan SuperBike pada akhir tahun 2021 lalu. Kini, Sirkuit Mandalika sedang dipakai untuk tes pramusim MotoGP 2022.

Pembalap Pertamina Enduro VR46 Tak Lagi Melihat Marc Marquez Sebagai Alien

Tes pramusim MotoGP 2022 yang dilaksanakan di Sirkuit Mandalika akan dilaksanakan sampai Minggu, 13 Februari 2022. Setelah pramusim MotoGP 2022 digelar, Sirkuit Mandalika akan dipakai untuk seri balapan kedua MotoGP 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Maret 2022 mendatang. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan profil Sirkuit Mandalika, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Nama Resmi Sirkuit Mandalika

Penyebab Kapasitas Mesin Motor MotoGP Turun Jadi 850 cc dan Bensin Dikurangi

IATC 2021 di Sirkuit Mandalika.

Photo :
  • AHM.

Sirkuit Mandalika mempunyai nama yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit. Penamaan tersebut dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (Sponsorship) dan juga Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika yang dilaksanakan di Jakarta, pada Kamis, 07 Oktober 2021 lalu. 

Terungkap, Ini Alasan Motor MotoGP Tak Pakai Starter untuk Menyalakan Mesin

2. Kawasan Ekonomi Khusus

Sirkuit Mandalika

Photo :

Pertamina Mandalika International Street Circuit ini menghadap secara langsung ke Samudera Hindia. Sirkuit ini juga berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dikelola secara langsung oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau yang dikenal juga dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). 

ITDC sendiri adalah bagian dari InJourney, sebuah holding dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pariwisata dan pendukung secara resmi beroperasi dengan terbitnya peraturan pemerintah Nomor 104 Tahun 2021 tanggal 6 Oktober 2021. Sirkuit tersebut juga mulai dibangun sejak tahun 2018 lalu. 

3. Biaya

Sirkuit Mandalika

Photo :
  • twitter.com/MotoGP

Pembangunan sirkuit terindah di Indonesia ini diperkirakan menelan biaya hingga mencapai Rp1,1 triliun. Biaya ini dihabiskan untuk pekerjaan dasar dan pembangunan Sirkuit Mandalika. Menyadur dari laman Sekretariat Kabinet, sirkuit tersebut dibangun dengan memakai teknologi aspal terbaru, yaitu stone mastic asphalt (SMA). Partikel SMA ini tidak terlalu rapat atau terlalu panjang, sehingga permukaan lintasan sangat rata. Bahkan, bila sudah memasuki usia lima tahun, tidak perlu dilakukan pelapisan ulang. 

4. Panjang sirkuit

Sirkuit Mandalika

Photo :
  • instagram.com/themandalikagp/

Pertamina Mandalika International Street Circuit ini memiliki panjang lintasan 4,3 kilomter atau 4.310 meter. Adapun untuk tikungannya, Sirkuit Mandalika mempunyai 17 tikungan dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 sisanya mengarah ke kiri. Dijelaskan dalam situs Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahwa keseluruhan area Sirkuit Mandalika ini mencapai 1.035,67 hektar. 

5. Kapasitas penonton

Penonton Swafoto di Sirkuit Mandalika

Photo :
  • VIVA/ Satria Zulfikar

Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa menampung hingga ratusan ribu penonton. Grans Stand Seating Street Circuit Mandalika memiliki kapasitas lebih dari 50 ribu tempat duduk. Selain itu, untuk Non-Seated Area atau tribun berdiri bisa memuat hingga 140 ribu penonton. Para penonton juga bisa melihat perhelatan MotoGP di Hospitality Suites yang rencananya akan memiliki kapasitas sampai 7.700 penonton. 

6. Garasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek sirkuit Mandalika.

Photo :
  • Dok. Polri.

Dikatakan bahwa Sirkuit Mandalika memiliki 40 garasi di area paddock atau garasi untuk para tim balapan. Garasi tersebut dibangun secara permanen dengan bagian atasnya yang dilengkapi dengan ruang pers dan liputan. Pinggiran sirkuit dibatasi dengan pagar pembatas yang berisi angin, yang didatangkan dari Jerman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya