MotoGP Resmi Ubah Aturan Red Flag Mulai Musim 2022

Ilustrasi balapan MotoGP.
Sumber :
  • motogp.com

VIVA – Jelang musim 2022, MotoGP terus berbenah agar para pembalap bisa bersaing secara adil dan kompetitif sepanjang seri berlangsung.

Performanya Payah, Johan Zarco Ingin Singkirkan Motor Baru Honda RC213V

Teranyar, Komisi Grand Prix mengubah aturan red flag atau bendera merah mulai MotoGP 2022. Komisi Grand Prix sendiri terdiri dari Dorna Sports, Federasi Motorsport Internasional (FIM), International Road Racing Team Association (IRTA) dan Motor Sport Manufacturer Assosciation (MSMA).

Balapan MotoGP.

Photo :
  • Crash.net
Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Mengenai aturan itu, sangat berbeda dari bendera merah sebelumnya. Poin penting di aturan baru adalah penentuan klasifikasi juara dalam sebuah balapan jika terjadi red flag.

Sebelumnya, penentuan juara diambil setelah semua pembalap melewati garis finis. Misalnya, ketika red flag terjadi di lap ke-20 dari total 21 lap.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

Saat red flag berkibar ada beberapa pembalap yang masih memutar di lap 19, sedangkan yang terdepan sudah memasuki lap ke-20, penentuan gelar juara akan diklasifikasikan berdasarkan urutan di lap ke-18, di mana posisi pembalap terakhir kali dianggap telah melintasi garis finis.

Namun sekarang, aturan itu sudah diubah. Misalnya, ada empat pembalap A,B,C, dan D secara berurutan berada di posisi 1-4. Mereka tengah menjalani lap ke-19, tapi red flag berkibar di tengah jalannya balapan, kemudian posisi klasifikasi sudah berubah menjadi D,C,B dan A, maka penentuan klasifikasi juara akan ditetapkan berdasarkan terakhir kali keempatnya melewati garis finis secara bersama, yakni di lap ke-18.

Sedangkan, urutan lima dan seterusnya, ditentukan berdasarkan posisi para pembalap ketika lap ke-17, tidak termasuk pembalap A,B,C dan D, yang sudah lebih dulu bersamaan menginjak garis finis. Aturan baru itu sudah tertuang dalam pernyataan resmi Komisi Grand Prix.

“Sebelumnya, jika balapan ditandai dengan bendera merah dan hasil akhir diumumkan, hasilnya diambil dari putaran di mana semua pembalap terakhir kali melewati garis finis,” tulis pernyataan resmi Komisi Grand Prix, dilansir dari Crash, Selasa 23 Februari 2022.

“Segera berlaku, hasil balapan bendera merah sekarang akan diambil dari terakhir kali pemimpin balapan melintasi garis finis, sebelum bendera merah dikibarkan. Semua pembalap yang melewati garis finis pada putaran yang sama dengan pemimpin balapan sebelum bendera merah berkibar, akan diklasifikasikan dalam urutan itu, sebagai klasifikasi parsial."

“Setiap pembalap yang tidak melewati garis finis pada putaran yang sama dengan pemimpinnya sebelum bendera merah dikibarkan, akan diklasifikasikan berdasarkan di mana mereka melewati garis finis pada putaran sebelumnya. Dua klasifikasi parsial ini akan digabungkan untuk memberikan hasil akhir balapan.”

Aturan baru red flag ini mulai berlaku dari balapan pertama MotoGP 2022. Race pertama musim ini sendiri akan digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 6 Maret 2022.

Bendera merah sendiri dikibarkan untuk menghentikan jalannya balapan karena alasan tertentu. Umumnya karena insiden kecelakaan fatal atau karena alasan teknis dan non teknis lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya