Rifat Sungkar Bakal Hadapi Wagub Sumut di Danau Toba Kejurnas Rally

Pembalap nasional Rifat Sungkar bersama Wagub Sumatera Utara, Musa Rajekshah
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Danau Toba Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 berlangsung di Hutan Taman Industri TPL Sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 5-7 Agustus 2022. 

Kejurnas IMI Adventure Off-road, Balapan Sambil Berdonasi untuk Palestina

Rally ini merupakan nostalgia bagi pembalap nasional, Rifat Sungkar yang sudah absen selama 12 tahun.

Ya, Rifat Sungkar akan kembali tampil dan bakal bertarung dengan puluhan pereli Tanah Air. Salah satu rivalnya adalah Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah yang mempunyai rekam jejak prestasi di dunia rally nasional.

Mitsubishi Ralliart Jadi Tim Terbaik di AXCR 2023

"Ini nostalgia cukup menyenangkan bagi saya, ini rally pertama saya 12 tahun terakhir," ujar Rifat Sungkar dalam konferensi pers Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Sopo Grand Tamora, Kabupaten Simalungun, Jumat, 5 Agustus 2022.

Rifat Sungkar memiliki catatan rival dalam memacu gas pol dengan Ijeck, sapaan akrab Wakil Gubernur Sumut. Terakhir, pertemuan sengit terjadi 25 tahun lalu, tepatnya tahun 1997 silam.

Mobil-mobil Spesifikasi Tinggi Ramaikan Acara South Borneo Rally 2023

"Saya bertemu dengan lawan saya, 25 tahun lalu. Bang Ijeck (Wakil Gubernur Sumut), pada tahun 1997," tutur Rifat Sungkar.

Pada Kejurnas Rally ini, Rifat Sungkar mengaku tidak saja menghadapi Ijeck. Tapi, lawannya, Arjianshah, yang merupakan anak dari Wakil Gubernur Sumatera Utara itu.

"Bertemu lagi, bapak sama anak (Musa Arjianshah anak Wagub Sumut)," kata pembalap asal DKI Jakarta itu.

"Saya apresiasi dengan kemajuan Rally Indonesia. Indonesia memiliki pembalap dengan mobil terbaru di kawasan Asia-Pasifik. Danau Toba akan menjadi tuan rumah APRC bulan depan. Jadikan, industri ini sangat maju dan baik," tambahnya.

Pria 43 tahun itu mengungkapkan dirinya pada Rally di Danau Toba ini, bersama timnya, Mitsubishi X-Pander Rally siap menjadi yang terbaik dan mampu mengalahkan para pereli lain di Kejurnas ini.

"Kami dari Tim Mitsubishi X-Pander Rally, targetnya selalu terbaik. Kami tahu, ini bukan hal yang mudah. Mobil saya juga tak banyak diubah untuk menjadi mobil balap," kata Rifat Sungkar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah yang juga sebagai peserta Kejurnas Rally 2022 ini. Ia mengaku siap menjadi terbaik dan optimis mampu mengalahkan pembalap nasional, Rifat Sungkar.

Dalam Rally ini, Ijeck menggunakan mobil Subaru type WRX. "Saya masih memakai kendaraan yang lama, karena persiapan menggunakan kendaraan yang baru, belum bisa digunakan di event Kejurnas ini," kata Ijeck.

Ijeck optimis tim Rally asal Sumut dapat menunjukkan performa yang baik dikelasnya. Sehingga bisa masuk tiga besar di Danau Toba Kejurnas Rally 2022 ini.

"Kami dari Sumut mewakili Rally Sumatera Utara menargetkan tiga besar. Mohon dukungannya," ucap orang nomor dua di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya