Verstappen dan Hamilton Kena Penalti, Ini Posisi Start F1 GP Italia

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA Sport – Berikut ini posisi start F1 GP Italia di Sirkuit Monza yang menjadi seri ke-16 dari 22 balapan musim ini setelah kualifikasi pada Sabtu, seperti dilansir AFP.

Sebanyak sembilan pembalap termasuk Max Verstappen, Carlos Sainz dan Lewis Hamilton mendapat penalti karena penggunaan komponen power unit yang melebihi alokasi satu musim.

Charles Leclerc menempatkan Ferrarinya di posisi start terdepan F1 GP Italia setelah tampil tercepat di kualifikasi pada Sabtu, sementara pembalap Mercedes George Russell akan menemaninya di baris terdepan.

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc saat Kualifikasi F1 GP Italia 2022

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc saat Kualifikasi F1 GP Italia 2022

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Leclerc, yang mengenakan livery spesial berwarna kuning untuk merayakan hari jadi Sirkuit Monza yang ke-100, menunggu hingga lap terakhirnya di Q3 untuk merebut pole kedua kalinya di Monza dan untuk kedelapan kalinya tampil tercepat di babak kualifikasi pada musim ini. Ia mencetak lap terbaik 1:20,161 untuk mengalahkan Max Verstappen dengan margin 0,145 detik.

Meski finis kedua tercepat, sang pebalap Red Bull akan mundur lima posisi start karena menggunakan komponen power unit yang melebihi alokasi semusim.

Leclerc tiba di Monza, Italia, dengan jarak 109 poin dari pemuncak klasemen sementara Max Verstappen setelah belum pernah memenangi balapan lagi sejak GP Austria dan hanya meraih dua podium dari 10 balapan terakhir.