Gelar Kejuaraan Rally Asia Pasifik, Ekonomi Danau Toba Menggeliat

Mobil para peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun
Mobil para peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA – Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba berlangsung di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 23 hingga 25 September 2022.

Sport tourism ini, tidak saja menyaksikan adu kecepatan balapan mobil. Namun, akan memberikan kontribusi peningkatan jumlah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Karena, 65 pereli bersama navigator akan meriahkan APRC tahun ini. Sedangkan, peserta rally internasional ini, dimeriahkan pembalap nasional dan internasional berasal dari Malaysia, Portugal, Lebanon dan Australia.

"Untuk APRC ini, kita (Pemprov Sumut) sudah men-support kegiatan ini. Selanjutnya, kawan-kawan panitia dan IMI Sumut. Bagaimana pelaksanaan dan teknisnya, dari IMI Sumut," ucap Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah kepada wartawan, Kamis 22 September 2022.

Selain mendukung kegiatan APRC ini, pria yang akrab disapa Ijeck ini, mengatakan event olahraga internasional juga melibatkan UMKM di Sumut dan sekitar Danau Toba.

"Selain kita support kegiatan, kita juga UMKM yang hadir di tempat dan sekitar rally bekerja sama IMI Sumut juga menggelar bakti sosial," kata Ijeck.

Ijeck berharap APRC ini, memberikan dampak ekonomi pariwisata dan pelaku usaha Parapat, Kabupaten Simalungun dan sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Wagub Sumut, Musa Rajekshah.(B.S.Putra/VIVA)

Wagub Sumut, Musa Rajekshah.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA / B. S. Putra Nasution

"Bagaimana kita, kunjungan Wisman dan lokalnya terus meningkat. Promosi dan event-event seperti ini sengaja kita buat di Danau Toba. Karena kita mendukung pariwisata dan apa lagi Danau Toba sebagai pariwisata superioritas dan mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara," jelas Ijeck.

H-1 APRC 2022 Danau Toba ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ijeck kembali turun dalam kompetisi mobil adu kecepatan ini. Pria akrab ini, akan menunggangi mobil baru, Skoda Fabian. Pada Kejurnas Rally 2022 Danau Toba, Agustus 2022. Ia menggunakan mobil Subaru.

Duet dengan Hervian Soejono sebagi navigator, Ijeck dengan tim Blablabla Motorsport optimis mampu memberikan terbaik dalam kompetisi ini dan mengharumkan nama Sumut di event rally internasional ini.

Ijeck akan turun di kelas M1, dan siap bersaing dengan Sean Galael dengan membawa navigator yang berasal dari negara Portugal, Hugo Magalhaes.

Kemudian, Ijeck akan adu kecepatan dengan sang juara Kejurnas Rally 2022, Ryan Nirwan. Ada juga Rifat Sungkar yang membawa navigator dari Australia, Benjamin Searcy dan sejumlah pereli lainnya.

Ijeck kepada wartawan, mengaku sudah siap balapan di APRC 2022 ini. Ia juga menjajal rute rally ini. Termasuk langsung melakukan pengecekan mobilnya."Sudah cek rute dan lebih siap untuk bertanding di APRC," kata Ijeck.

Untuk diketahui bahwa Skoda Fabia berwarna kuning dengan tulisan Blablabla Motorsport yang dipakai Ijeck pada APRC 2022 ini merupakan mobil buatan Rep Ceko yang ke-3. Bukan hanya Ijeck, dalam APRC 2022 ini, Skoda Fabia juga dipakai pereli H Putra Rizky dan H Atuy Faturahman.