Keterangan FIA soal Penetapan Max Verstappen Juara Dunia F1 2022

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen juara F1 GP Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA Sport – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen dinyatakan sebagai juara dunia F1 2022. Kepastian ini diumumkan melalui Twitter resmi F1, 15 menit setelah balapan di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu siang WIB 9 Oktober 2022.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Verstappen keluar sebagai juara pada F1 GP Jepang yang berlangsung sebanyak 28 putaran. Kondisi trek yang basah karena hujan membuat balapan sempat dihentikan, dan kemudian dilanjutkan tapi tidak putaran penuh.

Sempat ada kabar beredar jika Verstappen belum dinyatakan jadi juara dunia usai F1 GP Jepang. Mengingat dalam aturan F1, jika balapan tidak sampai 75 persen dari putaran awal, poin yang diterima cuma 19.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Itu berarti perolehan poin Verstappen di empat seri berikutnya masih mungkin dikejar oleh Charles Leclerc dari Ferrari yang menempati urutan kedua klasemen pembalap.

Max Verstappen juara F1 GP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko
Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Itulah mengapa unggahan F1 yang memastikan Verstappen menjadi juara dunia musim ini ramai komentar. Karena aturannya menjadi tanda tanya.

Mengutip Motorsport, keputusan FIA yang memberi poin penuh kepada Verstappen adalah aturan mengenai red flag. Pengurangan poin dilakukan jika setelah red flag, balapan tak berlanjut.

F1 GP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

Sedangkan untuk F1 GP Jepang, setelah ada red flag dan penundaan, balapan kembali dilanjutkan. Meski putaran tidak penuh, tapi poin yang diberikan tetap penuh.

"FIA mengklarifikasi, bahwa pengurangan poin cuma berlaku ketika balapan dihentikan oleh red flag, bukan jika balapan berjalan jarak penuh, atau batas waktu," demikian keterangan dari Motorsport.

"Terlepas dari apakah itu ditangguhkan di tengah balapan. Perlombaan dilanjutkan dan mencapai batas maksimal 3 jam. Jadi poin penuh diberikan."

a
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya