Ini Dia 3 Cabang Olahraga Indonesia Tersukses di Asian Games

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda meraih emas Asian Games 2014.
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA – Gelaran Asian Games ke-18 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018 mendatang. Sejumlah pencapaian hebat pernah diukir Indonesia dalam ajang pesta olahraga bangsa Asia tersebut.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Dari deretan atlet nasional yang pernah mengirim dutanya mewakili Indonesia, ada 3 cabang olahraga paling sukses sebagai pendulang medali terbanyak.

Tentunya, hasil impresif tersebut diharapkan kembali mampu dipersembahkan pada pertarungan yang akan dihelat di hadapan publik Tanah Air. Lantas cabang olahraga apa saja dengan koleksi torehan terbaik di pentas Asian Games bagi Indonesia?

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Total, ada 25 cabang yang pernah meraih medali. Namun, cabang bulutangkis, tenis dan atletik tercatat sebagai yang terbanyak mencatat torehan tersebut.

Bulutangkis sebagai cabang olahraga paling diandalkan di tiap perhelatan multievent akbar, sejauh ini telah berhasil menyumbang 26 medali emas, 25 perak dan 40 perunggu sejak keikutsertaannya pada 1962 saat Asian Games digelar di Jakarta.

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

Setelah bulutangkis, tenis berada di urutan kedua dengan mengumpulkan total 42 medali. Mengemas 15 emas, 6 perak dan 21 perunggu jadi koleksi yang cukup diperhitungkan.

Ada pun atletik menjadi yang terbanyak ketiga mendulang medali di Asian Games bagi Merah Putih di mana prestasi 4 medali emas, 3 perak dan 14 perunggu jadi hasil koleksi Maria Londa cs. (one)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024