Dahsyat, Owi/Winny Hajar Ranking 5 Dunia di All England

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying
Sumber :
  • IG Goh Liu Ying

VIVA – Duet baru Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil membuat arena laga All England 2019 bergemuruh. Mereka dengan hebatnya mengalahkan ranking 5 dunia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan angka yang benar-benar tipis sekali.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Owi/Winny bertempur dengan wakil Malaysia itu selama hampir 1 jam melalui gim tambahan alias rubbergame, Kamis malam 7 Maret 2019, di lapangan 3 Arena Birmingham,

Di gim pertama, Owi/Winny langsung tampil menekan. Mereka menyerang Chan/Goh dengan variasi dan kombinasi smes-smes menukik.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Tapi peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu tak gentar, mereka meladeni permainan cepat itu, alhasil reli poin terjadi dan mereka sempat imbang angka sebelum jeda pada kedudukan 10-10.

Selepas jeda, penampilan Chan/Goh menurun, hal itu dimanfaatkan Owi/Winny untuk melebarkan jarak poin. Dan berhasil. Bahkan duet baru itu merebut kemenangan di menit 15 dengan poin 21-15.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Meski kalah secara ranking, di gim kedua, Owi/Winny langsung meladeni permainan agresif ranking 5 dunia itu, hasilnya perolehan poin mereka saling kejar mengejar. Bahkan saat jeda turun minum, poin cuma berjarak 1 angka saja pada kedudukan 10-11.

Usai jeda, Goh/Liu sempat melejitkan angka jadi 10-14. Tapi, Winny yang tampil gemilang di depan net tak mau menyerah, dia terus meladeni Goh di depan net dengan bola-bola pendek cepat. Bahkan, Winny terus berjuang meski posisi angka tertinggal 12-20. Akhirnya di menit 29, Chan/Goh merebut kemenangan dengan poin 16-21 dan memaksa OWi/Winny bermain rubbergame.

Di gim penentu, pertarungan kedua pasangan benar-benar sengit. Raihan poin pun rapat sejak pertandingan dimulai. Raihan angka jelang jeda turun minum juga hampir sama dengan gim pertama dan kedua. Tapi kali ini giliran Owi/Winny yang unggul 11-9.

Usai jeda, Chan/Goh sempat menyamakan kedudukan jadi 11-11. Tapi, Owi/Winny berhasil menjauhkan jarak dua angka beruntun pada angka 13-11. Tak lama kemudian, kedudukan kembali imbang 13-13.

Kedua pasangan tak menurunkan tempo permainan. Bahkan menjelang waktu krusial, keduanya masih sama kuat pada kedudukan 16-16. Owi/Winny sempat membuka peluang memenangkan laga itu karena unggul 20-19. Tapi Chan/Goh berhasil memaksakan deuce pada kedudukan 20-20.

Usai deuce, Chan/Goh berbalik unggul 20-21.  Tapi, Owi/Winny dengan sekuat tenaga berhasil memaksa deuce kedua usai menyamakan poin jadi 21-21. Dan benar-benar hebat, pada menit ke 56, Owi/Winny mendapatkan dua poin untuk menghentikan perlawanan juara Thailand Masters 2019 itu pada kedudukan akhir 23-21.

Dengan kemenangan ini mereka melaju ke perempatfinal dan akan berhadapan lawan pemenang laga antara duo China, Lu Kai/Chen Lu dengan juara bertahan All England 2018, Yuta Watanbe/Arisa Higashino.

Baca: Hajar Duo Rusia, Ahsan/Hendra Lolos Perempatfinal All England

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya