Keok di All England, Kevin/Marcus Terjun ke Ranking 7 Tur Bulutangkis

Marcus Fernaldi saat terjatuh di laga perdana All England 2019.
Sumber :
  • IG Marcus Gideon

VIVA – Kekalahan menyakitkan yang dialami Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di babak 32 besar All England Open 2019, memang tak berakibat buruk pada ranking bulutangkis dunia mereka. Buktinya, The Minions masih kokoh duduk di peringkat 1 dunia.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Hanya saja, kekalahan itu berdampak sangat fatal pada peringkat mereka di daftar ranking tur Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF.

Akibat kekalahan itu, posisi Kevin/Marcus di daftar ranking tur BWF pekan 11, Rabu 13 Maret 2019, terjun bebas lima peringkat sekaligus dari ranking 2 ke ranking 7.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Peringkat 2 yang sebelumnya diduduki Kevin/Marcus, kini dirampas duo Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Ranking tur BWF Kevin/Marcus turun drastis karena mereka tak mampu mendapatkan poin terbanyak di All England Open 2019, di turnamen BWF Super 1000 itu, mereka hanya mendapatkan poin sebesar 3000, hasil dari bertanding di babak 32 besar. Saat ini perolehan poin Kevin/Marcus hanya 21.400.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Perlu diketahui, sebelumnya Kevin/Marcus kokoh bercokol di ranking 1 tur BWF, dia berada di ranking teratas usai menjuarai 2 turnamen awal tahun 2019 secara beruntun, di Malaysia Masters dan Indonesia Masters.

Hanya saja, pekan 10 ranking mereka turun 1 poin ke peringkat 2, penyebabnya usai menjuarai Indonesia Masters, mereka tak turun tanding lagi di turnamen lain.

Ranking tur BWF ini masih bersifat sementara, setiap pekannya posisi pemain bisa saja naik dan turun tergantung prestasi yang mereka raih di turnamen terbaru yang diikuti.

Posisi pada ranking tur BWF ini sangat penting artinya, sebab ranking tur BWF menjadi syarat utama bagi pebulutangkis untuk bisa bertanding di BWF World Tour Finals di akhir tahun.

Ajang ini sangat diimpikan para pebulutangkis dunia, karena hadiahnya sangat besar 1,5 juta dolar Amerika Serikat. Dan tak semua bisa turun tanding di ajang ini, hanya mereka yang bercokol di 8 besar ranking tur BWF.

Baca: Jadwal Swiss Open, Duo Gadis RI Tanding Jam 2 Malam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya