Jonatan Christie Keok Dihajar Raksasa Bulutangkis China di Malaysia

Jonatan Christie vs Chen Long.
Sumber :

VIVA – Jonatan Christie gagal menghapus rekor prestasi buruknya. Dia gagal mendapatkan tiket ke final Malaysia Open 2019, usai dihajar juara dunia 2014-2015, Chen Long. Raksasa tua asal China itu kalahkan Jojo dalam rubbergame.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam pertandingan yang digelar di lapangan 1, Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 6 April 2019, Chen menghabiskan waktu selama 64 menit untuk menghancurkan Jojo.

Di awal gim pertama, Jojo berusaha menekan Chen dengan serangan cepat. Dan berhasil, dia mendapatkan 1 poin pembuka laga.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Tapi, setelah itu, Jojo seperti kehilangan akal, dia banyak sekali membuat kesalahan di depan net. Hingga poinya sempat disalip dan tertinggal 3-7.

Setelah, malah giliran Chen yang sering membuat kesalahn pada net. Jojo poin berhasil merepatkan poin jadi 7-8. Bahkan, menyamakan kedudukan jadi 9-9.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jelang jeda, Jojo malah berbalik unggul setelah secara tak terduga bisa mengembalikan bola sulit hasil backhand Chen. Bahkan, Jojo menutup gim dengan keunggulan 2 poin pada kedudukan 11-9.

Usai jeda, Jojo menambah poin melalui bola keluar dari Chen, dan sebuah smes menyilang, papan skor pun berubah jadi 13-9. Lagi-lagi, Jojo mendapat 1 poin hasil bola sambaran cepatnya. Poin jadi 14-9.

Chen mulai terlihat kelelahan, sering sekali pengembaliannya begitu tanggung dan disambar Jojo dengan smes keras skor pun melebar jadi 19-10. Dan akhirnya di menit 20 Jojo merebut kemenangan dengan angka mutlak 21-12.

Pada gim kedua, Jojo langsung bermain cepat, sayangnya kali ini dia sering ceroboh dan menguntungkan Chen. Setelah mendapat 1 poin pembuka, Jojo berbalik tertinggal 1-5. Poin didapatkan Chen akibat kesalahan yang diperbuat Jojo.

Tertinggal poin, Jojo berusaha main lebih tenang dengan mengandalkan bola reli. Dan strategi itu cukup baik, dia berhasil mempersempit jarak poin jadi 5-7. Cuma, jelang jeda Jojo kembali membuat beberapa kesalahan sehingga jarak poin melebar lagi jadi 6-11.

Jonatan Christie vs Chen Long.

Usai jeda gim kedua, jarak poin kembali bertambah lebar jadi 6-14 akibat kesalahan pengembalian bola dari Jojo, yang melebar dan tersangkut di net.

Jelang akhir gim, poin Jojo malah tertinggal jauh, 7-16. Dia berusaha bangkit. Namun, apa boleh buat, Chen bukan pemain biasa, di menit 39 dia merebut kemenangan gim kedua dengan poin telak 10-21, dan memaksa Jojo menuntaskan pertandingan melalui rubbergame.

Di gim terakhir, Jojo kembali mendapatkan 1 poin pembuka melalui smes keras dari bola tanggung dari Chen. Chen sempat menyamakan kedudukan, tapi Jojo kembali mendapatkan 2 poin tambahan, poin jadi 3-1.

Tapi, Chen mendapatkan 3 poin beruntun untuk menyalip poin Jojo jadi 3-4. Jojo berhasil menyamakan poin melalui smes keras. Bahkan berbalik unggul karena bola dari Chen tersangkut net, kedudukan jadi 5-4.

Tertinggal 1 poin, Chen langsung tampil menyerang, satu smes keras dan serangan netnya menghasilkan 2 poin dan merubah angka jadi 5-6.

Sebuah reli terjadi, Chen berhasil menempatkan bola tipuan ke kanan Jojo dan memperlebar poin jadi 5-7.

Smes keras dari Jojo secara tak terduga berhasil dikembali Chen, Jojo yang panik pukulannya mentah, berusaha mengembalikan bola muntah dengan bola pendek, sayang gagal, poin pun bertambah untuk Chen, 5-8.

Tertinggal 3 poin Jojo berusaha bangkit. Dia menekan Chen dengan pukulan keras, 2 poin pun didapatkan untuk mempersempit jarak poin 7-8. Hebatnya, Jojo malah berbalik unggul dan menutup jeda gim ketiga dengan poin 11-10.

Usai jeda kedua pemain berbagi 1 angka pada kedudukan 12-11. Tapi, poin kembali sama kuat 12-12 setelah bola panjang dari Jojo dinyatakan keluar.

Usai menyamakan kedudukan, Chen tampil mengganas, variasi serangannya meningkat dan membuat Jojo hilang akal, Chen berhasil mendapatkan 7 angka beruntun pada kedudukan 12-19.

Di menit akhir pertandingan, Jojo menambahkan 1 poin melalui smes tipuan dan papan skor berubah lagi jadi 13-19.Sayangnya, lagi-lagi kesalahan diperbuat Jojo, poin Chen poin melesat 13-20.

Dalam kondisi kritis itu, Jojo berusaha untuk menggagalkan kemenangan Chen. Tapi sayang dia cuma bisa mendapatkan 2 poin. Dan Chen memastikan tiket ke final dengan kemenangan 15-21 di menit 64. Di final nanti, Chen akan berhadapan dengan pemenang derby China, Shi Yuqi melawan Lin Dan.

Baca: Belum Final, China Sudah Angkut Tahta Juara Ganda Putri Malaysia Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya