Logo ABC

Mantan Pebulu Tangkis RI Dapat Penghargaan Komunitas di Australia

Setelah pindah dari Indonesia di tahun 1999, Lenny Permana pernah mewakili Australia di turnamen internasional di tahun 2000-an.
Setelah pindah dari Indonesia di tahun 1999, Lenny Permana pernah mewakili Australia di turnamen internasional di tahun 2000-an.
Sumber :
  • abc

Mantan pebulu tangkis nasional Indonesia Lenny Permana datang ke Australia untuk melanjutkan pendidikan, namun 20 tahun kemudian dia malah mendapat penghargaan komunitas karena mengajar bulu tangkis sukarela bagi murid-murid sekolah di sini.

Mengembangkan bulu tangkis di Australia:

  • Lenny Permana sejak tahun 2002 mewakili Australia dalam pertandingan bulu tangkis internasional
  • Atas jasanya mengajar bulu tangkis di sekolah Australia secara cuma-cuma, ia dianugerahi beberapa penghargaan
  • Lenny berharap agar lebih banyak pemain bulu tangkis Australia dapat lomba di tingkat internasional

Lenny (43 tahun) tiba di Melbourne di tahun 1999 untuk menempuh pendidikan S1 jurusan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di universitas RMIT tanpa adanya niat untuk melanjutkan prestasinya bermain bulu tangkis.

Ketika itu Lenny baru berusia 24 tahun dan sebelumnya adalah bagian dari tim pelatnas bulu tangkis Indonesia di Cipayung, satu angkatan dengan pemain seperti Yuni Kartika.

Di masa junior, Lenny pernah masuk perempat final kejuaraan dunia junior Bimantara Cup.

Namun cedera yang dialaminya membuatnya tidak bisa berprestasi maksimal di tingkat internasional, dan atas usulan keluarga kemudian memutuskan untuk pindah ke Australia.

Sambil kuliah, Lenny kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini kemudian tetap berlatih bulu tangkis di sela-sela kegiatan yang lain.

Karena permainannya yang masih bagus, seorang teman kemudian menyarankannya untuk bertanding di perlombaan tingkat daerah di Australia.